Kompas.com - 10/08/2022, 14:12 WIB

KOMPAS.com - Jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut (TKKR) menjadi salah satu kompetensi keahlian yang ada SMK.

Jurusan ini membekali para peserta didiknya dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang kecantikan kulit, rambut, dan juga kewirausahaan.

Namun semakin berkembangnya media sosial yang berisi konten cara merawat dan mempercantik diri, membuat jurusan ini cukup favorit di SMK.

Baca juga: 2 Program Beasiswa BCA bagi Lulusan SMA/SMK, Dapat Uang Saku Bulanan

Alasannya, prospek karirnya tinggi. Lulusan jurusan ini, bisa bekerja atau memulai usaha sendiri. Misalnya, membuka salon, bekerja di industri kecantikan.

"Karena tata kecantikan itu kan cakupannya cukup luas, jadi lulusannya bisa masuk ke mana saja," kata Diana, salah seorang guru Tata Kecantikan Kulit dan Rambut, SMK PGRI 1 Mejobo, Kudus, Jawa Tengah, dilansir dari laman Vokasi Kemdikbud.

Apa saja peluang kerja dari jurusan ini?

Berikut lima prospek kerja untuk lulusan tata kecantikan kulit dan rambut menurut Diana.

1. Make Up Artis (MUA)

Biasanya para siswa tata kecantikan kulit dan rambut ini sudah diperkenalkan dengan berbagai macam alat make up sehingga mereka memiliki kemampuan untuk merias wajah.

Seorang MUA harus mampu menghasilkan riasan wajah yang bagus dan sesuai dengan selera klien. Seorang MUA juga bisa bekerja di salon, penyedia jasa kecantikan atau mandiri.

Baca juga: Alumni Vokasi Ini Punya 4 Tips Usaha Sablon Penuh Cuan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.