Kompas.com - 14/08/2022, 10:42 WIB

KOMPAS.com - Tumbuh kembang anak tidak hanya dipengaruhi apa yang dikonsumsi setelah dia lahir.

Namun juga dipengaruhi sejak dia dalam kandungan. Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan bergizi agar janin dalam kandungan berkembang sesuai usianya.

Selain itu, ibu hamil juga bisa memberikan stimulan pada janin dalam rahim agar bisa tumbuh optimal. Salah satunya dengan mendengarkan musik sejak bayi dalam kandungan.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Hermanto Tri Joewono menerangkan, perkembangan otak di dalam rahim merupakan momen luar biasa.

Baca juga: Lowongan Kerja Kimia Farma Apotek bagi Lulusan D3-S2, Intip Infonya

Pentingnya memberi stimulasi sejak bayi dalam kandungan

Dalam acara Dokter Edukasi: Pengaruh Musik Terhadap Kecerdasan Pemilik Masa Depan, Hermanto Tri Joewono menerangkan, banyak faktor yang memengaruhi kecerdasan otak.

Termasuk nutrisi dan stimulasi yang diberikan kepada janin dalam kandungan. Nutrisi biasanya dianggap ibu hamil mengkonsumsi pola makan 2 orang, melainkan asupan nutrisinya yang harus dilengkapi.

Stimulasi untuk bayi dalam kandungan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Mulai dari diajak bicara, membacakan cerita, dan suara ibu termasuk jenis stimulasi yang paling bagus untuk didengar.

Baca juga: Pertama Diadakan Secara Luring, Calon Maba Itera Antusias Ikuti PPLK 2022

Beri stimulasi auditorik di usia kandungan 5 bulan

Spesialis Ilmu Kebidanan tersebut menyebutkan, semua panca indra tumbuh bersamaan, khususnya telinga termasuk indra yang paling sempurna dalam usia kehamilan 18 minggu.

Bayi dalam janin yang mendengar dengan baik dapat menstimulasi kecerdasan otaknya. Biasanya diberikan stimulasi khusus auditorik mulai minggu ke-18 sampai 20 sekitar 5 bulan.

"Stimulation ini paling efektif dibandingkan cahaya atau gerakan, suara yang memiliki frekuensi antara 5.000 – 8000 Hz, ketukannya 60-80 bertahap menghasilkan parameter kecerdasan secara laboratoris telah diperoleh pada musik klasik," terang Hermanto Tri Joewono seperti dikutip dari laman Unair, Minggu (14/8/2022).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.