Kompas.com - 15/08/2022, 17:57 WIB

KOMPAS.com - Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, bendera Merah Putih banyak dikibarkan di depan rumah maupun di sepanjang jalan.

Keberadaan bendera Merah Putih ini punya sejarah penting dalam tonggak kemerdekaan Indonesia tahun 1945 silam.

Bagi para siswa, perlu mengetahui sejarah bendera Pusaka Merah Putih yang jadi kebanggaan rakyat Indonesia ini.

Melansir dari laman Cagar Budaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (15/7/2022) membagikan sejarah bendera Pusaka Merah Putih milik Indonesia ini. Yuk simak bersama informasinya.

Baca juga: 10 Universitas Muhammadiyah Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

Makna warna merah putih di bendera Indonesia

Kemerdekaan yang dideklarasikan bangsa Indonesia berawal setelah Jepang menyiarkan kabar pada tanggal 7 September 1944 bahwa Indonesia diperkenankan untuk merdeka di kemudian hari.

Maka dari itu, Chuuoo Sangi In (badan yang membantu pemerintah pendudukan Jepang terdiri dari orang Jepang dan Indonesia) menyelenggarakan sidang tidak resmi pada tanggal 12 September 1944 dipimpin Ir. Soekarno.

Hal yang dibahas pada sidang tersebut adalah pengaturan pemakaian bendera dan lagu kebangsaan yang sama di seluruh Indonesia.

Hasil dari sidang ini adalah pembentukan panitia bendera kebangsaan merah putih dan panitia lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Waktu itu, panitia bendera kebangsaan merah putih menggunakan warna merah dan warna putih sebagai simbol.

Siswa perlu tahu makna warna dalam bendera Indonesia. Warna merah berarti berani dan putih berarti suci. Kedua warna ini sampai saat ini menjadi jati diri bangsa.

Baca juga: Apa Itu Tri Dharma Perguruan Tinggi? Mahasiswa Baru Wajib Tahu

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.