Kompas.com - 16/08/2022, 14:21 WIB

KOMPAS.com - Bangsa Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan ke-77 pada Rabu 17 Agustus 2022.

Kemerdekaan bangsa Indonesia ini menjadi sejarah penting yang tidak boleh dilupakan generasi muda.

Sehingga pada moment memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia tiap tanggal 17 Agustus menjadi ajang refleksi dan mengenang kembali perjuangan pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Lantas bagaimana seharusnya sikap generasi muda khususnya para sivitas akademika dalam merayakan kemerdekaan Indonesia saat ini?

Baca juga: Begini Cara Mengecek Nilai Universitas Terbuka (UT), Klik sia.ut.ac.id

Banyak pelajaran penting dalam kemerdekaan Indonesia

Menurut Dosen Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Airlangga (Unair) Mulyadi J Amalaik, banyak pelajaran penting yang bisa dipetik dalam memaknai kemerdekaan Indonesia.

Mulyadi menerangkan, generasi muda yang hidup di era teknologi informasi adalah generasi digital yang dipenuhi dengan segala ambiguitas dan kontradiksi perilaku yang mengikuti kemajuannya.

Mulyadi mengatakan, generasi muda dapat memanfaatkan teknologi sebagai media perjuangan untuk memajukan diri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

"Bukan malah sebaliknya, menyumbang benih perpecahan bangsa atau memproduksi sikap nasionalisme eksklusif," ujar Mulyadi seperti dikutip dari laman Unair, Selasa (16/8/2022).

Baca juga: Dosen IPB: Diet Intermittent Fasting, Turunkan Berat Badan Lebih Sehat

Mulyadi menjelaskan, sebagai sivitas akademika, dalam memperingati kemerdekaan Indonesia harus menelusurinya dengan kecerdasan intelektual dan emosional. Melalui pembacaan sejarah yang tekun.

Sejarah perjalanan bangsa Indonesia hingga 77 tahun inilah yang sesungguhnya akan menjadi spirit penuntun posisi pemuda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.