Kompas.com - 22/08/2022, 16:30 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak 8.258 mahasiswa baru Universitas Padjadjaran (Unpad) mengikuti Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2022/2023 secara hybrid, Senin (22/8/2022).

Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti mengatakan bahwa pada tahun akademik 2022/2023, Unpad secara total menerima sebanyak 8.258 mahasiswa baru, dengan komposisi 84,35 persen di antaranya adalah para mahasiswa pada jenjang pendidikan Sarjana dan Sarjana Terapan, serta 15,65 persen untuk jenjang pendidikan Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor.

"Dengan penuh rasa bangga kami sambut Saudara-saudara dengan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru ini yang merupakan tradisi penyambutan resmi oleh sivitas akademika Unpad. Kegiatan ini juga merupakan inisiasi perkenalan Saudara dengan kehidupan akademis di perguruan tinggi, khususnya di Unpad,” kata Rina, dilansir dari laman Unpad.

Baca juga: Pertamina Foundation Buka Lowongan Magang 2022-2023, Segera Daftar

Para mahasiswa, lanjut dia, memiliki potensi besar untuk menjadi agen perubahan di masa depan guna mewujudkan Indonesia Emas pada 2045.

“Kami sungguh berharap Saudara dapat menyukuri anugerah dan menjaga amanah yang telah diberikan dengan cara berupaya seoptimal mungkin dan sungguh-sungguh dalam proses pembelajaran di Unpad,” imbuh dia.

Pasalnya, mahasiswa baru merupakan orang terpilih yang dapat lolos seleksi masuk dengan tingkat keketatan yang tinggi secara nasional.

Bertransformasi menjadi hybrid university

Menghadapi pandemi selama lebih dari dua tahun, Unpad telah meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi di berbagai kegiatan. Unpad pun telah mencanangkan untuk bertransformasi menjadi hybrid university.

Baca juga: Kasus Suap Rektor Unila, Kemendikbud: Rektor Jangan Main-main dengan Seleksi Mandiri

Rina berharap bahwa mahasiswa baru Unpad akan selalu semangat bertransformasi menjadi insan pendidikan yang cakap menggunakan teknologi informasi dan mampu melalui semua tantangan selama studi di Unpad.

Mahasiswa pun diharapkan dapat berperan aktif dalam berbagai program dan kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Termasuk menjelma menjadi human capital dan human talents dilengkapi berbagai skills masa depan sehingga mampu menjadi penggerak kemajuan bangsa Indonesia.

“Ingatlah bahwa prestasi Anda tidak hanya dilihat dari nilai ujian semata. Kami juga menginginkan Anda untuk memupuk etos belajar, etos kerja, dan potensi diri menghadapi dunia yang berubah cepat. Kembangkan ide, pengalaman, perspektif, dan impian saudara saudara saat berinteraksi di kampus maupun di tengah masyarakat. Anda semua harus memiliki resiliensi tinggi, kreativitas, sekaligus kepedulian kepada lingkungan dan sesama,” pesan Rektor.

Baca juga: BCA Buka Beasiswa 2023 Lulusan SMA-SMK, Kuliah Gratis hingga Asrama

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.