Kompas.com - 25/08/2022, 12:12 WIB
|

KOMPAS.com - Indonesia punya kekayaan tanaman dan sayuran yang beragam. Tapi, apakah kamu sudah paham kandungan dan manfaat sayuran?

Bagi siswa yang masih sekolah tentu harus paham. Sebab, setiap tanaman sayuran memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda-beda.

Sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh karena kandungan serat yang tinggi serta nutrisi lainnya. Berikut ini kandungan dan manfaat sayuran.

Baca juga: Persebaran Fauna di Indonesia

Merangkum laman Repositori Kemendikbud Ristek, ada beberapa sayuran yang punya kandungan dan manfaat.

Kandungan dan manfaat sayuran

1. Bayam

Ilustrasi bayam, menanam bayam. PIXABAY/ANUGRAHADWITAMA Ilustrasi bayam, menanam bayam.

Bagian bayam yang dikonsumsi adalah daunnya. Bayam memiliki daun lebar dan berwarna hijau cerah. Sayur bayam sangat digemari oleh anak-anak, anak muda, dan orang tua.

Menurut hasil penelitian, bayam memiliki banyak kandungan dan manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat bayam ialah ada Flavonoid dalam bayam memiliki sifat antioksidan dan antikanker. Bayam mengandung vitamin K yang tinggi dan mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga, dan fosfor.

Kandungan mineral-mineral tersebut bermanfaat untuk melindungi pengeroposan tulang dan menguatkan tulang. Vitamin K pada bayam juga berperan menjaga kesehatan fungsi otak dan sistem syaraf.

Magnesium dalam bayam membantu dalam menjaga tekanan darah normal. Vitamin C dengan sifat alkalinitas dalam bayam memberikan manfaat anti inflamasi dan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Bayam sangat bermanfaat bagi kecerdasan otak dan menjaga kesehatan mata karena mengandung karetenoid.

Baca juga: Ini Sayuran Penurun Kolesterol, Info Ners Unair

2. Jagung

Ilustrasi jagung, ilustrasi merebus jagung.SHUTTERSTOCK / PosiNote Ilustrasi jagung, ilustrasi merebus jagung.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.