Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Ini Kandungan dan Manfaat Sayuran

Kompas.com - 25/08/2022, 12:12 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia punya kekayaan tanaman dan sayuran yang beragam. Tapi, apakah kamu sudah paham kandungan dan manfaat sayuran?

Bagi siswa yang masih sekolah tentu harus paham. Sebab, setiap tanaman sayuran memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda-beda.

Sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh karena kandungan serat yang tinggi serta nutrisi lainnya. Berikut ini kandungan dan manfaat sayuran.

Baca juga: Persebaran Fauna di Indonesia

Merangkum laman Repositori Kemendikbud Ristek, ada beberapa sayuran yang punya kandungan dan manfaat.

Kandungan dan manfaat sayuran

1. Bayam

Ilustrasi bayam, menanam bayam. PIXABAY/ANUGRAHADWITAMA Ilustrasi bayam, menanam bayam.

Bagian bayam yang dikonsumsi adalah daunnya. Bayam memiliki daun lebar dan berwarna hijau cerah. Sayur bayam sangat digemari oleh anak-anak, anak muda, dan orang tua.

Menurut hasil penelitian, bayam memiliki banyak kandungan dan manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat bayam ialah ada Flavonoid dalam bayam memiliki sifat antioksidan dan antikanker. Bayam mengandung vitamin K yang tinggi dan mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga, dan fosfor.

Kandungan mineral-mineral tersebut bermanfaat untuk melindungi pengeroposan tulang dan menguatkan tulang. Vitamin K pada bayam juga berperan menjaga kesehatan fungsi otak dan sistem syaraf.

Magnesium dalam bayam membantu dalam menjaga tekanan darah normal. Vitamin C dengan sifat alkalinitas dalam bayam memberikan manfaat anti inflamasi dan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Bayam sangat bermanfaat bagi kecerdasan otak dan menjaga kesehatan mata karena mengandung karetenoid.

Baca juga: Ini Sayuran Penurun Kolesterol, Info Ners Unair

2. Jagung

Ilustrasi jagung, ilustrasi merebus jagung.SHUTTERSTOCK / PosiNote Ilustrasi jagung, ilustrasi merebus jagung.

Jagung mempunyai berbagai khasiat bagi kesehatan kita. Jagung memiliki banyak serat sehingga dapat memperbaiki saluran pencernaan, mencegah wasir, sembelit, dan juga menurunkan tingkat risiko kanker usus besar.

Antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa membantu merawat kulit agar tetap awet muda. Jagung kaya akan mineral, memiliki kandungan zat besi, magnesium, serta fosfor yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tulang agar tetap sehat dan bisa meningkatkan fungsi ginjal.

Asam folat (vitamin B9) yang tinggi pada jagung dapat mencegah anemia, baik untuk wanita hamil karena dapat mencegah bayi kekurangan berat badan dan cacat lahir. Ini jadi salah satu manfaat jagung.

Kandungan karotenoid, vitamin C, dan juga bioflavonoids yang terdapat di dalam jagung manis dapat membantu untuk menjaga jantung tetap sehat dengan cara mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah serta meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

3. Wortel

ilustrasi wortel. PIXABAY/JACKMAC34 ilustrasi wortel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com