Kompas.com - 29/08/2022, 05:32 WIB

KOMPAS.com - Listrik menjadi kebutuhan utama tiap rumah tangga. Jika tidak digunakan dengan bijaksana, tentu tagihan listrik tiap bulan akan melonjak.

Dosen prodi Teknik Elektro Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Hartana membagikan tips menghemat listrik yang bisa dilakukan masyarakat.

Berikut 7 tips menghemat listrik yang dibagikan dosen Universitas BSI, Hartana. Tips ini juga bisa diterapkan para mahasiswa yang tinggal di rumah kontrakan atau di kamar kos.

Baca juga: Wings Group Buka Lowongan Kerja bagi D3/S1 Fresh Graduate

Tips menghemat listrik ala dosen Universitas BSI

1. Cabut perangkat elektronik yang sudah tidak digunakan

Hartana menerangkan, sebagai pengguna teknologi digital seperti laptop dan handphone, seringkali pengguna kelupaan untuk mencabut kabel charger dari stop kontak listrik. Ternyata kebiasaan itu dapat menyebabkan listrik terbuang sia-sia.

"Jangan terbiasa meninggalkan charger ponsel atau laptop yang masih terhubung di stop kontak. Walaupun tidak digunakan, arus listrik masih tetap mengalir pada kabel tersebut," urai Hartana seperti dikutip dari laman Universitas BSI, Minggu (28/8/2022).

Hartana menganjurkan agar masyarakat mencabut kabel serta perangkat elektronik lainnya ketika sudah tidak digunakan.

2. Gunakan lampu hemat energi (lampu LED)

Tips menghemat listrik lainnya dari dosen BSI yakni dengan mengganti menggunakan jenis lampu LED. Lampu LED memiliki daya lebih kecil, namun penerangannya tetap optimal.

Baca juga: Implementasi Merdeka Belajar, 27 Mahasiswa Undip Magang ke Jepang

Penggunaan lampu LED juga akan membuat tagihan listrik berkurang sehingga bisa hemat biaya listrik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.