Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Asesmen Nasional, Ini 5 Manfaat Survei Karakter

Kompas.com - 14/09/2022, 06:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sejak 2021, Ujian Nasional (UN) telah diganti dengan Asesmen Nasional (AN). Tentu, dalam AN itu terdapat Survei Karakter.

Survei Karakter dirancang untuk gambaran karakter siswa di setiap satuan pendidikan. Survei Karakter sangat penting dilakukan pada AN.

Ini karena selain kompetensi, karakter menjadi hal yang tidak kalah penting dimiliki oleh peserta didik.

Tentunya, hal ini sejalan dengan tujuan dari Asesmen Nasional yang tidak hanya memotret hasil kognitif siswa namun juga memotret hasil belajar sosial emosional.

Baca juga: Tidak Hafal Pancasila? Ini Bunyi dan Makna 5 Lambangnya

Diharapkan, asesmen nasional dapat memotret sikap, nilai, keyakinan, serta perilaku yang dapat memprediksi tindakan dan kinerja di berbagai konteks yang relevan.

Hal ini penting untuk menyampaikan pesan bahwa proses belajar mengajar harus mengembangkan potensi siswa secara utuh, baik kognitif maupun non kognitif.

Selain itu, Survei Karakter merupakan upaya untuk mengetahui kondisi ekosistem karakter para siswa di sekolah terkait apakah asas Pancasila benar-benar dirasakan para siswa dalam interaksi di sekolah.

Nantinya, hasil Survei Karakter dapat digunakan sebagai umpan balik untuk mengembangkan karakter secara holistik.

Manfaat survei karakter

Survei Karakter juga mengukur enam karakter dalam Profil Pelajar Pancasila. Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Selasa (13/9/2022), ini 5 manfaat dari pelaksanaan Survei Karakter:

1. Dengan Survei Karakter, maka akan dapat diketahui kondisi ekosistem (hubungan timbal balik) di sebuah sekolah sebagai tempat belajar para siswanya.

2. Dengan Survei Karakter, maka akan dapat diketahui sejauh mana implementasi asas-asas Pancasila dapat dirasakan dan diamalkan oleh warga sekolah.

3. Dengan Survei Karakter, maka akan dapat diketahui apakah level toleransi sudah berjalan dengan baik (sehat) di suatu sekolah.

4. Dengan Survei Karakter, maka akan dapat diketahui apakah welfare (kebahagiaan anak di sekolah sudah mapan dan berjalan baik).

Baca juga: Ini Jadwal Asesmen Nasional SMP 2022

5. Dengan Survei Karakter, maka akan dapat diketahui masih adakah bullying yang terjadi pada siswa di sekolah.

Nantinya, hasil Survei Karakter menjadi laporan tingkat satuan pendidikan atau sekolah dan tidak ada laporan untuk individu siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com