Kompas.com - 16/09/2022, 17:41 WIB

KOMPAS.com - Pendidikan Profesi Guru (PPG) Program Profesi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menerima sertifikat akreditasi dengan nilai perolehan A.

Sekretaris Program Studi PPG UNY, Sukarno mengatakan bahwa perjuangan pendidikan profesi guru di UNY untuk mendapatkan akreditasi A sudah dilakukan sejak tahun 2008.

"Lika liku pendidikan profesi guru di UNY tidak semerta-merta melejit tanpa adanya suatu perjuangan, namun sudah sejak tahun 2008 hal tersebut bermula" ungkap Soekarno dalam keterangan tertulis UNY.

Baca juga: 6 Beasiswa Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri 2023 bagi Siswa-Mahasiswa

Ia mengatakan, mulai tahun 2017, Prodi PPG UNY menyelenggarakan 20 bidang studi PPG-SM3T, 2 bidang studi PPG Dalam Jabatan Bersubsidi, dan 4 bidang studi PPG Prajabatan Bersubsidi Kelompok I, yang merupakan penugasan dari Belmawa.

Dalam hal akademik, lanjut dia, Prodi PPG terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dosen pengampu dan guru pamong serta tenaga kependidikan.

Kegiatan tersebut berupa pelatihan, penyegaran, dan pendalaman materi dan learning management system (LMS) terkait dengan pelaksanaan PPG.

Pelatihan juga melibatkan dosen-dosen pada bidang studi yang potensial diselenggarakan sehingga ketika bidang studi tersebut diselenggarakan, segenap SDM pendukungnya siap menyelenggarakan PPG.

Baca juga: Soal Usulan Penghapusan Jalur Mandiri, Rektor UNY: Tidak Boleh Digeneralisisasi

Selain penyelenggaraan PPG secara akademik, pada tahun 2020 Prodi PPG UNY dipercaya Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk mengelola pelaksanaan Uji Pengentahuan – Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UP-UKMPPG) secara nasional.

Tahun 2021, UNY kembali dipercaya untuk mengelola pelaksanaan UP-UKMPPG secara nasional dengan sekala yang lebih besar. Universitas Negeri Yogyakarta ditetapkan sebagai Koordinator Pengelola Pelaksanaan UP-PPG Tahun 2021.

Selain itu, Universitas Negeri Yogyakarta ditetapkan sebagai Koordinator Pengelola Pelaksanaan Seleksi Akademik dan UP-UKMPPG Tahun 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.