Kompas.com - 28/09/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Skor Intelligence Quotient atau IQ hingga kini masih menjadi tolak ukur kecerdasan intelektual. Meski begitu, skor IQ dinilai amat dipengaruhi oleh kualitas pendidikan dan sumber daya yang tersedia di wilayah tempat tinggal seseorang.

Negara dengan skor IQ yang lebih rendah umumnya merupakan negara yang kurang berkembang, terutama di bidang pendidikan, dibandingkan dengan negara-negara dengan skor IQ yang lebih tinggi.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Studi terkait skor IQ negara di dunia telah dilakukan oleh Lynn bersama David Becker di tahun 2019 dengan judul penelitian "The Intelligence of Nations". Studi terkait intelijensi dunia yang dilakukan Lynn menjadi yang paling terkenal dan dipublikasikan secara luas.

Dalam studi, 5 besar negara dengan rerata skor IQ tertinggi merupakan negara-negara Asia, yakni Jepang, Taiwan, Singapura, Hong Kong dan China.

Berdasarkan rerata nilai IQ, berikut 10 negara dengan penduduk terpintar di dunia menurut rerata nilai tes IQ melansir studi di tahun 2019 oleh Lynn & David Becker:

1. Jepang

  • Rerata IQ: 106,48

2. Taiwan

  • Rerata IQ: 106,47

3. Singapura

  • Rerata IQ: 105,89

Baca juga: Uang Saku Rp 325 Juta, Ini Cara Daftar Beasiswa Gates Cambridge S2-S3

4. Hong Kong (China)

  • Rerata IQ: 105,37

5. China

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.