Kompas.com - 13/10/2022, 15:53 WIB

KOMPAS.com - Menjadi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tentu harus dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif bagi siswanya yang berusia kurang dari enam tahun. 

Guru PAUD harus tahu cara kreatif membuat bahan pelajaran bagi anak-anak. Tentu harus dengan komunikasi yang interaktif, ceria, dan pembelajarannya berbasis bermain bersama. 

Kegiatan yang monoton akan membuat anak PAUD mengalami kebosanan dan bahkan stres karena mereka kurang melakukan kegiatan yang eksploratif. Untuk itu ada cara mengajar kreatif bagi guru PAUD.

Baca juga: 5 Perbedaan Cerdas dan Pintar, Kamu yang Mana?

Dosen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) UM Surabaya Agus Budiman membagikan sejumlah tips agar guru PAUD selalu kreatif saat memberikan pembelajaran kepada anak di sekolah.

5 cara mengajar kreatif bagi guru PAUD

1. Aktivitas Play-Time

Pertama yang bisa dilakukan adalah aktivitas play-time. Play-time adalah aktivitas yang membebaskan anak-anak yang mereka suka. Adapun aktivitas yang bisa dipilih anak-anak misalnya bermain balok, bermain boneka, menggambar, mewarnai, membaca buku, dan lainnya.

2. Menggunakan teknologi

“Kedua adalah menggunakan media teknologi pembelajaran ramah anak. Sebagai generasi Alpa tentu guru mampu melakukan pendampingan optimal dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran Anak Usia Dini (AUD),” jelas Budi dilansir dari laman UM Surabaya.

Baca juga: Mengapa Hiu Takut Lumba-Lumba? Ini 5 Alasannya

Ia mencontohkan teknologi ramah anak diantaranya video game, VCD Player, televisi, komputer dan kalkulator bisa dijadikan media belajar kreatif bagi siswa PAUD.

3. Beri penghargaan pada anak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.