Kompas.com - 23/10/2022, 20:11 WIB
|

KOMPAS.com - Memiliki berat badan ideal tentu jadi impian siapa saja. Jika berat badan kurang ideal, maka butuh tips menurunkan berat badan.

Melansir laman Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Prodi Gizi UAI menjelaskan bahwa sebenarnya ideal atau tidaknya berat badan itu ditentukan oleh jumlah energi yang masuk dan energi keluar yang digambarkan dalam bentuk kalori.

Energi yang masuk didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, sedangkan energi yang keluar adalah energi yang dibutuhkan untuk metabolisme basal (menjalankan fungsi organ tubuh), pencernaan, dan aktivitas fisik.

Adapun lemak “jelly” di tubuh adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh lebih banyaknya energi yang masuk ke dalam tubuh (dari makanan) dibandingkan dengan energi yang keluar (untuk metabolisme basal + pencernaan + aktivitas fisik).

Baca juga: 4 Cara Menjaga Berat Badan Ideal Anak, Info Ners Unair

Pada dasarnya, menurunkan berat badan perlu dilakukan melalui tiga cara yang sangat umum, yaitu:

1. Mengurangi asupan energi

2. Meningkatkan aktivitas fisik

3. Mengubah perilaku makan yang salah

Tips menurunkan berat badan

1. Beraktivitas fisik

Untuk durasi aktivitas fisik lebih penting dibandingkan dengan intensitasnya. Jogging selama 1 jam lebih baik dibandingkan angkat beban selama 10 menit. Kamu juga dapat memilih tipe aktivitas fisik permainan seperti bermain basket dan sepak bola.

Selain itu, coba atur pola tidurmu untuk menghindari permasalahan hormonal. Tahukah kamu bahwa hormon leptin dan grelin yang mengatur rasa lapar dan kenyang dapat menjadi kacau jika kamu begadang. Oleh sebab itu hindari tidur terlalu malam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.