Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Turunkan Berat Badan? Ini 5 Buah untuk Diet

Kompas.com - 31/05/2022, 05:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi yang ingin menurunkan berat badan, maka wajib mencoba makanan berikut ini. Apa saja makanan itu? Ternyata bisa dengan mengonsumsi buah.

Ternyata, ada tiga kelebihan dari buah. Yakni banyaknya kandungan serat yang dimilikinya, tinggi vitamin dan mineral, serta rendahnya kandungan kalori dan lemak.

Ini sebabnya buah untuk diet bisa menjadi pilihan yang menyehatkan. Dengan makan buah, maka bisa merasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Stikes Panti Kosala: Ini Cara Minum Air Putih 8 Gelas Tiap Harinya

Tak hanya itu saja, berlimpahnya kandungan vitamin dan mineral membuat buah memiliki peran istimewa sebagai penunjang diet.

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), berikut ini 5 buah untuk diet:

Buah untuk diet

1. Apel

Bagi yang ingin diet, buah apel adalah camilan yang tepat bagi siapa pun yang sedang menjalani program menguruskan badan. Satu buah apel rata-rata mengandung 5 gram serat, dan 85 persennya adalah air.

Kandungan tinggi serat dan air inilah yang menjaga gula darah bisa tetap stabil, serta membuat tidak cepat lapar.

Kelebihan lain yang dimiliki apel sebagai buah untuk diet adalah mengandung flavonoid bernama quercetin.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Info Ners Unair

Kandungan yang juga bersifat antioksidan ini penting karena diprediksi efektif dalam melawan jenis kanker tertentu, mengurangi kerusakan sel, membantu menyehatkan paru-paru, jantung, dan memiliki sifat antiradang.

2. Blueberry

Selanjutnya, buah untuk diet ialah blueberry. Warna biru dalam buah ini adalah antioksidan kuat yang bernama anthocyanin. Zat tersebut diprediksi mampu mengurangi risiko sebagian jenis kanker, penyakit jantung, dan kebutaan.

Untuk diet, blueberry kaya akan serat yang dapat membantu seseorang merasakan kenyang lebih lama. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Dalam 100 gram penyajian, buah ini hanya mengandung 80 kalori, namun serat yang dikandungnya bisa mencapai 4 gram.

3. Alpukat

Masyarakat tentu sudah familiar dengan alpukat. Buah ini mengandung lemak baik berupa asam oleat yang merupakan lemak tidak jenuh tunggal. Banyaknya kandungan lemak baik dalam buah ini bermanfaat untuk menunda lapar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com