Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unair Raih Capaian Tertinggi Nasional di UI Greenmetrics 2022

Kompas.com - 26/10/2022, 08:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Airlangga (Unair) mendapatkan apresiasi 4 poin Trees Rating dari UI Greenmetric World University Ranking 2022 atas komitmen dan upaya untuk menjadi kampus berkelanjutan.

Pencapaian 4 poin Trees Rating UI Greenmetrics World University Rangking 2022 yang dimiliki oleh Unair merupakan capaian tertinggi di level nasional.

Prestasi dari UI Greenmetrics ini tak lepas dari berbagai upaya Unair dalam menggagas program yang berfokus pada Sustainable Development Goals (SDGs), utamanya terhadap lingkungan hidup.

Di antaranya peningkatan penggunaan renewable energy, pengolahan air limbah domestik, dan juga perluasan ruang terbuka hijau.

Baca juga: Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak, Dokter Undip: Orangtua Lakukan Ini

Selain itu, Unair juga berfokus pada pengurangan gas rumah kaca melalui peralihan alat-alat elektronik yang ramah lingkungan.

Serta berbagai kegiatan kampanye dan sosialisasi yang dilakukan secara berkala.

Suksesnya program keberlanjutan ini tak lepas dari pengawasan Nurina Fitriani selaku penanggungjawab UI Greenmetric Unair.

Nurina merupakan dosen teknik lingkungan yang telah berpengalaman lebih dari sepuluh tahun dalam bidang kepakarannya.

Baca juga: 4 Skill dan 12 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Perusahaan Apple

Untuk diketahui, UI Greenmetric merupakan pemeringkatan perguruan tinggi skala global satu-satunya yang bergerak dalam hal berkelanjutan.

Institusi pendidikan yang tergabung dalam penilaian ini, diperingkatkan berdasarkan komitmen dan tindakan nyata atas penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.

Sementaranya Trees Rating yang dikeluarkan oleh UI GreenMetric merupakan hasil audit secara komprehensif dalam mengevaluasi capaian perguruan tinggi dalam menerapkan keberlanjutan.

Penilaian trees rating mengacu pada enam indikator yakni setting and infrastructure, energy and climate change, waste management, water, education and research, serta transportation.

Untuk asesmen UI Greenmetric ini telah dilakukan pada 1 April, 12 Juli, dan 24 Oktober 2022 untuk menentukan capaian dan perkembangan yang telah dilakukan oleh Unair dalam melakukan usaha-usaha sustainability.

Direktur Logistik, Keamanan, Ketertiban dan Lingkungan, Karnaji berharap Unair dapat berkontribusi atas terwujudnya tujuan berkelanjutan lingkungan.

Terutama dalam menjadi agen perubahan sosial yang dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: 10 Cara Atasi Anak Demam

Tak lupa, ia juga mengapresiasi kinerja seluruh warga kampus dan alumni atas prestasi membanggakan ini.

“Terima kasih kepada pimpinan universitas, direktur, pimpinan fakultas, badan, lembaga, pusat atas semua usaha keras luar biasanya sehingga prestasi ini dapat diraih. Harapan saya agar capaian ini dapat semakin memicu kami semua untuk dapat melakukan penyiapan yang lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang,” kata Karnaji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com