Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2022, 16:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Anak sekolah harus sarapan pagi. Sebab, tubuh membutuhkan asupan nutrisi. Untuk itu, penting dipahami mengenai manfaat sarapan pagi bagi siswa.

Dalam peningkatan konsentrasi belajar tentu dapat membawa dampak meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu caranya ialah makan pagi atau biasa disebut dengan sarapan.

Melansir laman RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, makan pagi atau sarapan mempunyai peranan penting bagi anak sekolah usia 6-14 tahun.

Yaitu untuk pemenuhan gizi di pagi hari, dimana anak-anak berangkat ke sekolah dan mempunyai aktivitas yang sangat padat di sekolah.

Baca juga: 4 Menu Sarapan agar Anak Cerdas, Orangtua Perlu Catat

Jika anak-anak terbiasa sarapan pagi, maka akan berpengaruh terhadap kecerdasan otak, terutama daya ingat anak sehingga dapat mendukung prestasi belajar anak ke arah yang lebih baik.

Sumber energi awal setiap orang harus memulai hari mereka dengan cukup energi sebagai modal untuk melakukan aktivitas, dimana pagi hari adalah start awal.

Sayangnya, masih banyak anak yang tidak melakukan sarapan pagi, mereka lebih memilih mengonsumsi makanan jajanan di luar rumah atau di sekolah yang kualitas gizinya tidak terjamin.

Untuk itu, orangtua harus memahami bahwa sarapan bagi anaknya sangat penting. Berikut ini manfaat sarapan pagi bagi siswa.

Manfaat sarapan pagi bagi siswa

1. Menjaga kesehatan

Bagi anak yang sudah terbiasa sarapan pagi sebelum memulai kegiatannya, ia akan mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat yang berarti tidak akan mudah terserang oleh penyakit.

Ini karena tubuhnya sudah diberikan cukup gizi pada pagi hari yang berguna memperkuat sistem imun.

Baca juga: Ini Pentingnya Sarapan bagi Kesehatan Tubuh dari Ahli Gizi UGM

2. Kebutuhan gizi tercukupi

Adapun manfaat sarapan pagi bagi siswa juga dapat menghindari risiko anak kekurangan gizi serta obesitas.

Dengan memberikan anak nutrisi yang cukup melalui makanan yang dikonsumsi, maka akan berpengaruh terhadap pertumbuhan mental dan fisik anak.

3. Mampu menguatkan tubuh

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com