Kompas.com - 25/10/2022, 16:49 WIB
|

KOMPAS.com - Anak sekolah harus sarapan pagi. Sebab, tubuh membutuhkan asupan nutrisi. Untuk itu, penting dipahami mengenai manfaat sarapan pagi bagi siswa.

Dalam peningkatan konsentrasi belajar tentu dapat membawa dampak meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu caranya ialah makan pagi atau biasa disebut dengan sarapan.

Melansir laman RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, makan pagi atau sarapan mempunyai peranan penting bagi anak sekolah usia 6-14 tahun.

Yaitu untuk pemenuhan gizi di pagi hari, dimana anak-anak berangkat ke sekolah dan mempunyai aktivitas yang sangat padat di sekolah.

Baca juga: 4 Menu Sarapan agar Anak Cerdas, Orangtua Perlu Catat

Jika anak-anak terbiasa sarapan pagi, maka akan berpengaruh terhadap kecerdasan otak, terutama daya ingat anak sehingga dapat mendukung prestasi belajar anak ke arah yang lebih baik.

Sumber energi awal setiap orang harus memulai hari mereka dengan cukup energi sebagai modal untuk melakukan aktivitas, dimana pagi hari adalah start awal.

Sayangnya, masih banyak anak yang tidak melakukan sarapan pagi, mereka lebih memilih mengonsumsi makanan jajanan di luar rumah atau di sekolah yang kualitas gizinya tidak terjamin.

Untuk itu, orangtua harus memahami bahwa sarapan bagi anaknya sangat penting. Berikut ini manfaat sarapan pagi bagi siswa.

Manfaat sarapan pagi bagi siswa

1. Menjaga kesehatan

Bagi anak yang sudah terbiasa sarapan pagi sebelum memulai kegiatannya, ia akan mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat yang berarti tidak akan mudah terserang oleh penyakit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.