Kompas.com - 30/10/2022, 11:44 WIB

KOMPAS.com - Agar anak gemar matematika, kenalkan anak dengan kegiatan berhitung dengan cara menyenangkan sejak dini, terutama saat baru memasuki jenjang SD. Cara mengajar yang tepat dan tidak membosankan juga akan membuat anak belajar dengan cepat.

Ada 7 cara asyik yang bisa dicoba oleh orangtua untuk mengajari anak agar cepat berhitung. Berikut dilansir dari laman platfom edukasi Zenius:

7 cara mengajari anak berhitung

1. Berhitung menggunakan jari

Orangtua pasti sudah tahu kalau berhitung menggunakan jari dapat dikatakan sebagai salah satu metode atau cara cepat berhitung yang sederhana namun paling efektif.

Baca juga: Ingin Anak Gemar Matematika? Kenalkan Konsep, Tak Sekadar Rumus

Menghitung menggunakan jari dapat membantu anak menyelesaikan persoalan Matematika seperti pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Ternyata, cara ini juga dapat mengaktifkan otak anak karena mereka dapat belajar sambil menggerakkan bagian tubuh yang lain.

2. Menghitung hal yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari

Cara selanjutnya dalam mengajar anak belajar berhitung adalah kaitkan dengan kebutuhan harian.

Sebagai contoh, saat mengajak anak berbelanja ke pasar atau ke supermarket, tanyakan berapa jumlah setiap barang yang telah dibeli, berapa total harganya, berapa jumlah barang tertentu (buah, sayur, minuman, dan sebagainya) yang ada di dalam keranjang belanja atau rak.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: 10 Cara Atasi Anak Demam

Contoh lainnya adalah saat memasak atau membuat teh dan kopi. Orangtua bisa menanyakan anak berapa sendok gula yang diperlukan untuk membuat satu gelas teh.

Saat memasak nasi pun bisa meminta anak-anak berapa kg beras yang perlu dimasak agar semua anggota keluarga mendapatkan bagian yang sama.

3. Belajar melalui permainan dan roleplay

Belajar berhitung anak SD atau anak usia dini harus dibarengi dengan sesuatu yang menyenangkan dan mampu membuat mereka termotivasi.

Halaman:
Sumber Zenius


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.