Kompas.com - 30/10/2022, 07:07 WIB
|

KOMPAS.com - Usia anak-anak harus tercukupi nutrisinya, salah satunya asupan protein. Protein adalah sumber gizi penting yang membangun organ, otot, kuit dan hormon.

Tak hanya itu saja, tubuh manusia membutuhkan protein untuk menjaga dan memperbaiki jaringan. Karena itu protein sangat penting bagi tubuh.

Terlebih anak-anak yang membutuhkan zat protein untuk proses pertumbuhan. Selain itu, nutrisi ini dapat menjadi penyumbang kalori pada makanan.

Namun, jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh bervariasi, tergantung pada jenis kelamin, berat badan, usia dan kondisi kesehatan seseorang.

Baca juga: Resep Tempe Mendoan bagi Siswa di Akhir Pekan

Bagi siswa atau mahasiswa penting sekali mencukupi kebutuhan protein bagi tubuhnya. Salah satunya dari makanan yang kaya akan protein.

Dirangkum dari laman Ma'soem University, berikut ini 9 makanan sumber protein yang penting bagi tubuh:

Makanan sumber protein

1. Telur

Telur memiliki kandungan protein tinggi. Khususnya dalam putih telur yang mengandung protein rendah kalori dan dianggap mendekati protein murni, cocok bagi diet.

Perlu diperhatikan walau kuning telur dan putih telur memiliki kandungan protein yang tinggi, tetapi kalori kuning telur cukup tinggi (61 kalori).
Jadi jika ingin mengonsumsi protein tinggi rendah kalori, cukup konsumsi 2 putih telur.

2. Semua jenis ikan

Ternyata, semua jenis ikan mengandung protein. Seperti ikan salmon yang kandungan 22 persen protein dengan kalori yang rendah.

Sedang ikan tuna mengandung 27 gram protein dan 128 kalori dalam satu kaleng (ukuran 142 gram).

Baca juga: 7 Manfaat Sarapan Pagi bagi Siswa

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.