Kompas.com - 31/10/2022, 15:10 WIB

KOMPAS.com - Lulus Sarjana (S1) dalam kurun waktu 3,5 tahun kini bisa menjadi kenyataan. Tak sedikit mahasiswa zaman sekarang yang membuktikannya. Tetapi, untuk lulus 3,5 tahun memang dibutuhkan usaha.

Meraih impian lulus kuliah tepat 3,5 tahun sangat terbuka bagi kamu mahasiswa semester awal, karena strategi bisa diatur sejak awal mahasiswa kuliah.

Selain bisa menghemat biaya kuliah, lulus cepat juga mempermudah mahasiswa mencari pekerjaan. Sebab, banyak perusahaan sudah mematok usia maksimal untuk fresh graduate. 

Baca juga: Selain KIP Kuliah, Mahasiswa Bisa Manfaatkan 4 Program Beasiswa Ini

Dilansir dari laman Masoem University, untuk jenjang S1 normalnya membutuhkan waktu sekitar 4 tahun untuk bisa mendapatkan gelar sarjana. Namun, berikut cara bila kamu berkeinginan lulus S1 dalam waktu 3,5 tahun:

6 Cara Lulus Kuliah Hanya 3,5 Tahun

1. Baca dan pahami buku panduan mahasiswa baru

Saat memasuki masa orientasi mahasiswa baru, biasanya pihak kampus membagikan buku panduan pembelajaran berisi mata kuliah yang bisa kamu ambil tiap semesternya.

Bagi mahasiswa S1, beban studi yang harus diselesaikan adalah 144 SKS (Satuan Kredit Semester). Dari gambaran tersebut mahasiswa tinggal membaginya selama 6 semester. Usahakan jangan ada yang mengulang mata kuliah agar waktumu tidak terkuras habis.

Baca juga: Ketahui Syarat Lulus Kuliah Predikat Cum Laude, Terbagi 3 Jenis

2. Buat target IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

Besaran IPK setiap semester sangatlah penting karena akan menentukan jumlah beban SKS yang bisa kamu ambil di semester berikutnya.

Semakin tinggi IPK, semakin besar pula mata kuliah yang bisa diambil di semester berikutnya. Bahkan kamu bisa mengambil beberapa mata kuliah di luar mata kuliah wajib yang ada di semester tersebut.

Begitupun sebaliknya, jika kamu memiliki nilai rendah apalagi harus mengulang mata kuliah tertentu, hal ini akan mengakibatkan masa studi kamu menjadi lebih lama.

3. Pastikan tidak ada mata kuliah wajib yang tertinggal

Buku panduan yang diberikan saat menjadi mahasiswa baru berfungsi juga sebagai gambaran mata kuliah wajib yang harus segera kamu ambil di setiap semesternya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.