Kompas.com - 31/10/2022, 16:49 WIB
|

KOMPAS.com - Mengajarkan anak membaca sejak dini tentu menjadi nilai plus. Terlebih bagi anak TK yang sudah harus dikenalkan dengan baca dan tulis.

Namun, mengajarkan anak TK membaca tidak bisa sembarangan. Ada beberapa cara belajar membaca anak TK yang harus dipahami.

Yang jelas, jangan memaksakan anak supaya bisa cepat membaca. Lakukan pelan-pelan dan penuh kesabaran.

Mengajarkan anak membaca bukan hanya supaya si kecil bisa membaca tapi juga ingin membuat anak menyukai kegiatan membaca hingga dewasa.

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Anak Minum Susu Berlebihan

Melansir laman Global Prestasi School, berikut ini cara belajar membaca anak TK yang bisa dicoba orangtua.

Cara belajar membaca anak TK

1. Kenalkan huruf dengan cara yang seru

Cara pertama ialah coba mulai mengajarkan anak untuk mengenali huruf dari A hingga Z.

Orang tua bisa memulai mengenalkan huruf dengan menggunakan kartu bantuan yang bergambar huruf-huruf lucu supaya si kecil bisa dengan mudah mengenali huruf dengan baik.

Selain itu, penting juga untuk diperhatikan kalau mengajari anak dalam membaca tidak bisa terburu-buru. Mulailah dengan sedikit-sedikit mengenalkan huruf, seperti minimal 5 huruf sehari.

Orangtua juga bisa memberikan tes kecil-kecilan dalam bentuk huruf kepada anak supaya si kecil lebih cepat mengingatnya. Carilah waktu yang pas untuk mengajarkan anak supaya tidak bosan mempelajarinya.

Baca juga: 6 Fungsi Pendidikan Pancasila bagi Anak Usia Dini

2. Coba ajarkan hafal suku kata

Cara belajar membaca anak TK berikutnya ialah dengan mengajari anak mengenal suku kata. Biarkan si kecil menghafal suku kata yang diawali huruf B hingga Z. menghafal suku kata ini bisa diikuti dengan huruf vokal a, i, u, e, o.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.