Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Udayana, Innopa Kembali Gelar "Indonesia Inventors Day 2022"

Kompas.com - 03/11/2022, 16:01 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (Innopa), asosiasi yang mewadahi inovator Indonesia, kembali menggelar ajang pameran dan kompetisi Inovasi International “Indonesia Inventors Day 2022”.

Kegiatan berlangsung di Gedung Widya Sabha, Universitas Udayana, Bali, pada 29-31 Oktober 2022. Acara yang mengusung tema “Innofuntion for Everyone" dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali, Made Gunaja.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Univeritas Udayana, Prof. Ngakan Putu Gede Suardana menyampaikan, kegiatan ini merupakan kerjasama antara Innopa dan Universitas Udayana.

"Kami sangat mengapresiasi dengan diadakannya kegiatan Kompetisi Inovasi International dan ini merupakan salah satu bentuk hilirisasi dari berbagai riset dan pameran produk-produk unggulan," ungkap Prof. Ngakan Putu Gede Suardana.

"Diharapkan acara Indonesia Inventors Day dapat terselenggarakan setiap tahun nya di Universitas Udayana serta hasil riset dosen juga bisa dipamerkan maupun dikompetisikan dalam kegiatan ini untuk mendapatkan masukan dari peserta karena di sini pasti akan terjadi sharing pengetahuan untuk kita bersama," ujar Prof. Ngakan Putu Gede Suardana

Penyelenggaraan Indonesia Inventors Day 2022 dilakukan secara hibrid dan diikuti 352 karya inovasi yang ditampilkan dari 32 negara.

Ada tujuh negara hadir secara luring yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Rusia, Kazakhstan, Mesir dan Palestina. Melalui kegiatan ini diharapkakan ke depan akan lebih banyak produk inovasi buatan Indonesia yang bisa hadir di masyarakat lokal maupun global.

Ketua Innopa, Erricha Insan Pratisi, menyampaikan kegiatan yang diadakan untuk kesembilan kali ini merupakan bentuk apresiasi terhadap para inovator berbagi pengetahuan seputar inovasi.

Baca juga: Mahasiswa Unair Inovasi Kemasan Makanan Ramah Lingkungan dari Limbah Ini

Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat menginisiasi proses hilirisasi dari berbagai produk-produk inovasi buatan inovator muda anak bangsa.

Bekerja sama dengan BRIN, kegiatan ini diharapkan akan memberikan kesempatan kepada para inovator muda untuk berkolaborasi dengan periset yang ada di BRIN untuk mematangkan produknya melalui sistem inkubasi.

Sementara Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali, Ir. I Made Gunaja, M.Si, menyampaikan terima kasih kepada President Innopa karena telah memilih Bali sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini.

“Riset dan inovasi daerah kedepannya akan didorong menjadi Center of Excellent untuk terwujudnya pembangunan daerah berbasis riset dan inovasi, yakni sebagai pusat riset dan inovasi terintegrasi yang mampu menghasilkan pembaruan dan penemuan baru untuk mampu menjawab tuntutan kebutuhan dan harapan di masa mendatang,” tutup Kepala Brida Provinsi Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com