Kompas.com - 06/11/2022, 06:07 WIB
|

KOMPAS.com - Setiap orang tentu punya kelebihan dan kekurangan. Ada yang punya rasa percaya diri tinggi, tapi ada yang tidak.

Padahal, percaya diri merupakan modal penting yang perlu dimiliki oleh setiap orang yang ingin berkembang secara optimal.

Tapi seringkali ada momen-momen tertentu yang membuat rasa percaya diri kita berkurang. Seperti saat harus melakukan presentasi di depan banyak orang, harus berada di lingkungan baru, harus berada di acara perayaan dan lain-lain.

Melansir laman Binus University, kepercayaan diri adalah kemampuan diri sendiri untuk mengenali kelebihan dan kekurangan diri kita sendiri serta mampu mengoptimalkan kelebihan kita dengan baik.

Baca juga: 5 Tips Membangun Percaya Diri, Mahasiswa Yuk Coba

Cara meningkatkan percaya diri

1. Menerima diri sendiri

Penting sekali untuk kita menerima diri kita sendiri telebih dahulu beserta segala kurang dan lebihnya. Setelah kita mampu menerima diri kita apa adanya selanjutnya kita perlu mengenali lebih dalam siapa dan seperti apa pribadi kita.

Hal ini bisa kita lakukan dengan menjalani tes-tes psikologi kepribadian yang banyak beredar di internet atau kalau kita mau hasil yang lebih valid kita dapat mengunjungi biro psikologi terdekat dan melaksanakan tes psikologi di biro tersebut dengan pengawasan dari psikolog yang telah resmi terdaftar.

Dengan mengenali diri kita secara lebih mendalam kita akan mengetahui apa potensi diri kita dan kelebihan diri kita yang bisa lebih dioptimalkan.

2. Bagaimana meraih prestasi tertentu

Pada saat seseorang mampu meraih prestasi tertentu akan ada sense of accomplishment dalam dirinya. Sense of accomplishment adalah rasa diri mampu karena telah terbukti dapat meraih suatu pencapaian tertentu.

Saat seseorang telah mampu membuktikan diri meraih prestasi kepercayaan dirinya akan meningkat dikarenakan kompetensi tersebut.

Baca juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh, Info Ners Unair

Namun ada catatan penting yang perlu kita perhatikan saat berupaya meraih prestasi ini ialah jangan menggunakan ukuran orang lain dalam merancang tujuan atau prestasi yang ingin kita capai.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.