Kompas.com - 05/11/2022, 17:17 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi yang memiliki berat badan berlebih tentu ingin kurus. Tapi, ada yang kurus justru ingin menambah berat badannya. Karena itu butuh tips atau cara menambah berat badan.

Sebab, punya tubuh terlalu kurus juga mengurangi penampilan. Karenanya, meningkatkan berat badan perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Namun, cara menaikkan berat badan perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing orang dan penyebab mengapa berat badannya bisa rendah.

Oleh karena itu, sebelum Anda memulai program peningkatan berat badan, periksa terlebih dahulu status gizi dengan menghitung indeks massa tubuh.

Baca juga: Macam Penyakit di Musim Hujan, Info UMA

Jika hasil perhitungan menunjukkan bahwa berat badan Anda memang kurang, cobalah perbaiki pola makan atau berkonsultasi ke dokter.

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), cara menambah berat badan paling baik adalah dengan mengatasi penyakit atau kondisi yang menjadi penyebab berkurangnya berat badan.

Jika kondisi tersebut bisa diatasi, berat badan pun akan bertambah. Berikut ini ada beberapa tips atau cara menambah berat badan.

Cara menambah berat badan

1. Konsumsi makanan sehat kaya nutrisi

Tentu, Anda tidak diwajibkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori, makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi.

Agar bisa menambah berat badan dengan lebih sehat, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, misalnya buah dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan.

Atau jika perlu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen nutrisi tambahan sesuai anjuran dokter untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan menambah berat badan.

Baca juga: 5 Tips Menurunkan Berat Badan dari Prodi Gizi UAI

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.