Kompas.com - 06/11/2022, 13:03 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi orangtua yang punya anak lebih dari satu, pasti pernah menghadapi pertengkaran di antara anak-anaknya.

Hubungan kakak beradik memang tidak selalu harmonis. Apalagi di usia anak-anak, kakak beradik seringkali memperebutkan sesuatu atau hal lain yang membuat mereka berselisih paham.

Perselisihan kakak beradik ini bisa diatasi dengan beberapa cara. Melansir dari laman Masoem University, Minggu (6/11/2022) dibagikan tips mengatasi pertengkaran antarkakak beradik.

Tips ini juga bisa dipraktikkan orangtua untuk mengatasi anak-anak mereka yang sering bertengkar. Simak tips berikut ini hingga tuntas.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Terkenal Mahal, Tertarik Daftar?

Tips hadapi kakak beradik yang sering bertengkar

1. Buatlah setiap anak merasa spesial

Tips pertema yang bisa dilakukan orangtua menghadapi anak-anak mereka yang sering bertengkar adalah membuat setiap anak merasa spesial.

Rasa cemburu dan takut akan berkurangnya perhatian memang sangat wajar terjadi pada saudara kandung. Anak merasa kakak atau adiknya lebih diistimewakan oleh orangtua mereka.

Semua anak perlu merasa disayangi dan diterima orang tuanya, dan mereka memiliki hak untuk mengekspresikan perasaannya. Seperti rasa dihargai, dan dianggap secara serius

2. Tunjukkan rasa antusias atas prestasi semua anak-anak

Tips kedua menghadapi kakak beradik yang sering bertengkar adalah menunjukkan rasa antusias atas prestasi yang berhasil diraih semua anak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.