Kompas.com - 07/11/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Ramainya jasa sewa pacar di media sosial dengan tarif yang beragam mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 1,5 jutaan per jam bisa mengarah pada pencurian data (hack) oleh hacker.

Radius Setiyawan, Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya)
menghimbau untuk berhati-hati saat menggunakan jasa sewa pacar

Sebab, ada jasa sewa pacar yang menyediakan katalog via website yang memungkinkan para hacker untuk mengambil data pengguna dan menggunakannya secara tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Lulus IPK 4.00, Ibnu Diangkat Jadi Kepala Sekolah di Usia 23 Tahun

Tidak hanya itu, beberapa ancaman kejahatan juga bisa terjadi seperti penguntit, spamming email, pelacakan data pekerjaan hingga meretas alamat IP.

Pada website tersebut pacar sewaan bisa diajak kencan, menemani belanja, berburu makanan hingga menemani untuk mengunjungi pesta pernikahan.

Sementara, jasa yang diberikan dapat berupa foto bersama, pegangan tangan, merangkul pundak, hingga berkencan bersama.

Dalam proses ini, tentu konsumen perlu mengisi data diri, karena itulah potensi hacker melakukan pencurian data bisa terjadi. 

Lalu, apa yang membuat jasa sewa pacar semaki  populer? Radius menyebut faktor yang membuat seseorang menyewa jasa pacar adalah tuntutan sosial yang tinggi sekaligus persoalan seksualitas.

Baca juga: Apakah Minum Suplemen Dapat Merusak Ginjal? Ini Penjelasan Dokter UGM

Menurut Radius, fenomena sewa pacar di media sosial merupakan bagian dari perkembangan zaman yang berdampak pada mudahnya alat komunikasi sehingga seseorang dengan mudah berinteraksi.

“Saya memprediksi ke depan fenomena ini bakal lebih ekstrem, interaksinya sangat mungkin tidak hanya bertemu di dunia nyata. Seseorang akan sangat mungkin melakukan hubungan seksual di dunia cyber untuk memuaskan hasratnya" Kata Radius dilansir dari laman UM Surabaya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.