Kompas.com - 09/11/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Ada cara khusus agar profil LinkedIn makin menarik dan dilirik banyak perusahaan. Cara ini bisa diterapkan oleh mahasiswa atau fresh graduate yang sedang mencari lowongan magang maupun kerja.

Tak cuma dilirik perusahaan, profil LinkedIn yang menarik  bisa menambah koneksi lebih profesional bagi mahasiswa atau fresh graduate. Semakin banyak koneksi, semakin banyak pula peluang untuk mengenal dunia kerja.

LinkedIn bisa menjadi salah satu platform bagi mahasiswa atau fresh graduate yang ingin menunjukkan skill atau kemampuan yang dimiliki di dunia profesional.

Baca juga: Cara Membuat CV ATS Friendly, Ini 12 Caranya

LinkedIn sendiri adalah platform bagi perusahaan, pebisnis, mahasiswa, pekerja, dan mereka yang berasal dari kalangan profesional. Selain banyak tawaran lowongan kerja, ada juga lowongan magang hingga kesempatan mencoba sertifikasi skill atau kemampuan. 

 

Lalu bagaimana caranya agar profil LinkedIn mahasiswa atau fresh graduate bisa dilirik perusahaan? Ikuti tips di bawah ini yang dilansir dari laman Universitas Medan Area.

1. Lengkapi informasi dasar yang ada di headline

LinkedIn berbeda dengan Instagram, Twitter atau media sosial lainnya. Platform ini meminta pengguna menampilkan sosok yang lebih profesional.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar profil LinkedIn menarik, lengkapi informasi pokok untuk ditampilkan di profilmu. Isi nama lengkap beserta data diri, pendidikan, pekerjaan saat ini, dan kontak yang bisa dihubungi.

2. Tunjukkan skill atau kemampuan

Manfaatkan LinkedIn seperti daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae. Jangan malas untuk menyelesaikan pengisian data.

Kamu bisa mulai dari riwayat pendidikan sekolah dasar hingga pendidikan terakhir yang diambil.

Baca juga: 5 Website Membuat CV Lebih Menarik bagi Fresh Graduate dan Mahasiswa

Kemudian jika kamu memiliki pengalaman lain seperti pekerjaan atau organisasi, jangan ragu untuk menuangkannya selengkap mungkin.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.