Kompas.com - 10/11/2022, 17:00 WIB


KOMPAS.com - Resesi perekonomian global hingga Indonesia kerap digaungkan sehingga timbul kecemasan mengenai kondisi perekonomian tahun depan.

Menjawab keresahan masyarakat awam terkait hal ini, Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) mengadakan seminar Dies Natalis ke-72 dengan tema "Chief Economists Talk on Economy and Business 2023", Rabu (9/11/2022), di Ruang Auditorium Gedung Mohamad Sadli.

Hadir 10 panelis ekonom Indonesia yang juga merupakan alumnus FEB UI membagikan pemaparan terkait rekomendasi ekonomi dan bisnis Indonesia pada 2023.

Baca juga: UI Jadi Tuan Rumah QS Higher Ed Summit Asia Pacific 2022

Melalui paparan datanya, Chief Economist Bank Rakyat Indonesia (BRI), Anton Hendranata mengatakan, situasi yang tidak mudah pada 2023 sudah jelas terlihat pada 2022. Terutama terlihat dari Leading Indicator Economy yang menurun.

Penurunan yang signifikan terlihat dari negara maju yang diikuti oleh negara berkembang.

Berdasarkan Markov Switching Dynamic Model (MSDM), AS diprediksi terjadi resesi sangat tinggi pada semester II tahun 2023 yakni 80 persen.

Berkaca dari krisis global 2008, ketika AS mengalami resesi yang berdampak pertama kali setelahnya ialah negara-negara Eropa. Negara berkembang berada di urutan selanjutnya karena lebih lambat bahkan cenderung bisa terhindar dari resesi.

"Saya meyakini, Indonesia tidak akan resesi. Indonesia berada jauh dari episentrum resesi," ucap Anton.

Baca juga: 22 PTN Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023, Kamu Pilih Mana?

Berdasarkan MSDM, kata Anton, probabilitas resesi Indonesia hanya sebesar 2 persen di tahun 2023 ketika AS mengalami resesi.

Anton menambahkan, Indonesia masih bisa tumbuh positif. Justru diperkirakan akan melambat pada 2023 akibat ketidakpastian global dan kemungkinan resesi AS.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.