Kompas.com - 15/11/2022, 08:40 WIB

KOMPAS.com - Pelajaran hitung-hitungan dengan beragam jenis rumus seperti Matematika, Fisika atau Kimia bisa menjadi tantangan bagi sejumlah siswa. Tidak ada yang salah, pasalnya setiap siswa tentu memiliki mata pelajaran atau bidang yang dikuasai sesuai minat dan bakat.

Menentukan jurusan kuliah sesuai dengan minat dan bakat justru dapat membuat siswa mampu mengembangkan potensi diri sesuai dengan arah karier yang akan digeluti.

Bagi kamu yang memang tidak begitu menyukai atau jago dalam pelajaran hitungan, ada sejumlah jurusan yang minim hitungan. Sekalipun tidak semua jurusan benar-benar terbebas dari hitung-hitungan, tetap terdapat beberapa jurusan yang tidak berfokus pada hal tersebut.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Introvert dan Prospek Kerjanya

Melansir dari situs resmi Universitas Multimedia Nusantara (UMN), terdapat 5 rekomendasi jurusan kuliah bagi kamu yang tidak menyukai Matematika.

1. Sastra

Pada beberapa perguruan tinggi, biasanya jurusan Sastra memiliki kesamaan dengan bahasa. Bedanya ketika di jurusan Bahasa, kamu akan belajar juga mengenai teori dan cara pengajaran bahasa.

Jurusan Sastra sendiri merupakan jurusan yang mempelajari tentang tata bahasa, gaya bahasa, penulisan, dan lain-lain.

Ketika memilih jurusan Sastra kamu tidak perlu mempelajari matematika secara lebih mendalam. Pada jurusan ini, mahasiswa juga diajarkan tentang sejarah bahasa, kehidupan masyarakat dan sejarah negara tersebut, serta arti-arti terjemahan bahasa dan sastra.

2. Ilmu Filsafat

Kamu tipe yang malas berhitung tetapi kritis dan tertarik pada berpikir? Jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Filsafat sendiri merupakan jurusan yang mempelajari tentang cara berpikir. Ibaratnya, jurusan ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang ilmu.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 2022 Lulusan SMA-SMK dan D1-S1 di 40 Wilayah

Ilmu Filsafat memiliki berbagai macam cabang. Namun, filsafat dasar selalu diajarkan di dalamnya.

Halaman:
Sumber UMN


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.