Kompas.com - 21/11/2022, 10:46 WIB

KOMPAS.COM - Dalam menjalani kehidupan perkuliahan, mahasiswa memiliki berbagai kesibukan hingga fokus yang dilakukan.

Tak heran, mahasiswa memiliki karakternya sendiri-sendiri. Terdapat mahasiswa yang fokus pada bidang akademik, berjualan untuk menambah pundi-pundi, hingga aktif berorganisasi.

Baca juga: Pesan Elon Musk ke Mahasiswa Indonesia: Ini 2 Kebiasaan Membuat Sukses

Melansir dari situs resmi Universitas Multimedia Nusantara, terdapat 5 tipe mahasiswa dengan singkatan unik yang sedang berada di bangku perkuliahan.

1. Kupu–Kupu (Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang)

Sesuai dengan namanya, kegiatan sehari-sehari mahasiswa kupu-kupu umumnya hanya mengikuti kuliah tanpa ikut organisasi. Misalnya seperti datang ke kampus untuk belajar dan pulang ke rumah atau kost ketika pelajaran usai.

Mahasiswa kupu-kupu cukup menjaga jarak dengan kegiatan sosial dan keadaan lingkungan di kampus layaknya organisasi, UKM, hingga event.

Bagi mahasiswa tipe ini, organisasi kampus menghambat waktu bersantai dan kosong untuk mengerjakan tugas karena pasti selalu dihadapkan dengan rapat..

Namun, seperti pepatah 'Don’t judge the book by it’s cover', bisa jadi mahasiswa seperti ini memiliki kesibukannya di rumah.

Serta, umumnya mahasiswa kupu-kupu memiliki nilai akademik yang bagus dan berpeluang menjadi lulusan terbaik di fakultas atau kampus.

Namun memang, efek samping yang dimiliki mahasiswa tipe ini ialah bisa menghambat perkembangan diri karena jarang bersosialisasi dan ikut kegiatan kampus.

Baca juga: 6 Kegiatan Luar Kampus Buat Mahasiswa Cepat Dapat Kerja, Apa Saja?

2. Kura–Kura (Kuliah-Rapat-Kuliah-Rapat)

Istilah mahasiswa kura-kura ini biasanya diberikan bagi mahasiswa yang menjadi anggota atau pengurus di beberapa organisasi dalam kampus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber UMN


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.