Kompas.com - 15/11/2022, 13:43 WIB

KOMPAS.com - Indonesia membutuhkan banyak wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi dan menjadi negara maju.

Guna menyiapkan talenta wirausaha muda, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) membuka secara resmi ajang talenta Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI), Senin (14/11/2022).

Ajang talenta ini akan berlangsung pada tanggal 14 hingga 18 November 2022.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim menyampaikan optimismenya bahwa para talenta luar biasa yang terlibat dalam kegiatan ini adalah tunas-tunas pelajar Pancasila yang akan tumbuh, berkembang, dan menjulang mengharumkan nama bangsa.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

“Saya semakin yakin, kita bisa membawa Indonesia melompat ke masa depan. Sama halnya dengan tunas yang harus terus dirawat dan dipupuk agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Talenta yang adik-adik miliki juga harus terus diberikan stimulasi positif. Tujuannya agar talenta yang sudah dimiliki dapat menjadi bekal yang berharga bagi generasi muda kita untuk menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang,” jelasnya dalam pembukaan FIKSI.

Lahirkan siswa yang mampu menjawab tantangan zaman

Di tahun ke-7 penyelenggaraan FIKSI jenjang SMA/MA dan tahun ke-2 penyelenggaran FIKSI jenjang SMK, berbagai inovasi produk dan usaha berkembang telah dihasilkan.

Jumlah peserta yang mendaftar pada FIKSI SMA/MA berjumlah 1.533 karya dalam 2 kategori, yaitu kategori Rencana Bisnis dan kategori Bisnis Berjalan atau Ongoing.

Bidang yang dilombakan untuk FIKSI SMA/MA adalah Bidang Boga; Bidang Aplikasi, Game, Video, dan Animasi; Bidang Desain Grafis; Bidang Budidaya dan Lintas Usaha; dan Bidang Fashion; dan Bidang Kriya.

Baca juga: 9 Pekerjaan Bersinar di 2024, Lulusan dari Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan

Untuk FIKSI SMK, jumlah pendaftar total berjumlah 324 karya.

Bidang yang dilombakan di FIKSI SMK yaitu Bidang Agribisnis dan Agroteknologi; Bidang Kemaritiman; Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial; Bidang Pariwisata, Industri Seni, dan Kreatif; dan Bidang Teknologi Rekayasa dan TIK.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.