Kompas.com - 18/11/2022, 16:53 WIB


KOMPAS.com – Anak-anak harus mendapat perlindungan dari keluarga, terlebih orangtua sebagai pendidik yang pertama dan utama bagi anak.

Perundungan atau dikenal dengan istilah “bullying” merupakan salah satu masalah yang menjadi perhatian banyak kalangan.

Meski korban perundungan memang tidak memandang usia atau gender, namun perundungan lebih rentan terjadi pada kalangan remaja dan anak-anak di usia sekolah.

Oleh karena itu, peran orangtua sangat penting dalam melakukan perlindungan dan pendampingan ekstra terhadap anak-anak mereka. Tidak terkecuali jika anaknya mendapat suatu masalah.

Baca juga: Cerita Para Ibu Penggerak Hapus 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan Anak

Hal tersebut berguna untuk meminimalisasi terjadinya perundungan pada anak-anak. Selain itu, orang tua juga perlu melindungi anaknya supaya tidak menjadi korban perundungan.

Melansir laman resmi Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), ada empat hal yang perlu dilakukan oleh setiap orangtua untuk mencegah terjadinya perundungan pada anak.

Peran orangtua untuk mencegah perundungan

1. Memahami ciri-ciri anak yang terlibat perundungan

Orangtua perlu memahami ciri-ciri dan gelagat anak yang terlibat dalam perundungan, misalnya anak-anak terlihat murung, gusar, tidak tenang, mudah cemas, takut, cenderung menyendiri, enggan pergi ke sekolah, atau mungkin terdapat luka atau memar pada bagian tubuhnya.

Apabila menemukan tanda-tanda tersebut pada anak, maka orangtua harus mampu memahami sikap anak dan mengantisipasi perundungan agar tidak semakin parah.

Baca juga: Atasi Perundungan, Psikolog: Sekolah Harus Lakukan Pengawasan dan Evaluasi

2. Memberikan pemahaman tentang akibat perundungan dan cara menyikapinya

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.