Kompas.com - 19/11/2022, 16:07 WIB
|

KOMPAS.com - Dalam memilih jurusan kuliah, calon mahasiswa harus mengetahui bakat dan minatnya sebelum menentukan pilihannya.

Mengetahui bakat dan minat diri merupakan hal penting untuk merencanakan pendidikan dan menjalani kehidupan sesuai bakat dan minatnya.

Sehingga seseorang bisa menjalani masa pendidikan dan selanjutnya terjun ke dunia pekerjaan dengan mengoptimalkan potensi dan keterampilan yang dimiliki.

Melansir dari akun Instagram Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Sabtu (19/11/2022) membagikan cara untuk mengetahui bakat dan minat khususnya saat menentukan pilihan jurusan kuliah.

Baca juga: 5 Sekolah Unik dengan Konsep Belajar Menyenangkan

Cara mengetahui bakat dan minat

1. Temukan hal yang disukai dan kuasai dengan mudah

Cara mengetahui bakat dan minat yang pertama adalah dengan melakukan observasi tiap harinya. Contohnya, di waktu luang kamu sangat menyukai menggambar.

Kamu juga dapat menggambar dengan mudah dan hasilnya bagus. Maka kamu mungkin memiliki bakat dan minat sebagai seorang pelukis.

2. Diskusi dengan orang terdekat

Untuk mengetahui bakat dan minat, kamu bisa berdikusi dengan orangtua dan keluarga terdekatmu. Hal ini bisa membantumu menggali bakat terpendam kita sejak kecil. Karena orang terdekat biasanya yang paling mengenal kebiasaan sehari-hari.

Kamu dapat bertanya kepada teman terdekat, apa bakat menonjol dari dirimu. Teman terdekat pasti tahu kamu tertarik pada hal apa.

Baca juga: 7 Kampus di Luar Negeri dengan Syarat Daftar Mudah dan Anti Ribet

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.