Kompas.com - 19/11/2022, 12:15 WIB
|

KOMPAS.com - Ketika menilik peradaban masa lampau di Indonesia, semua tak lepas dari berbagai peristiwa pada masa kerajaan.

Kejadian di masa lampai tentu menciptakan jalinan rantai yang saling terkait satu sama lain. Bahkan ada hikmah yang bisa diambil dari berbagai sejarah yang telah terjadi.

Terkait hal itu, Institut Teknologi Bandung (ITB) mengadakan Studium Generale dengan topik sejarah Indonesia. Temanya berjudul “Pulau Melati Pujaan Bangsa: Fajar Kejayaan Indonesia”.

Adapun narasumbernya ialah pakar arkeolog Prof. Dr. Agus Aris Munandar, M. Hum. Ia menjelaskan mengenai masa kerajaan klasik awal, klasik tua, dan klasik muda.

Baca juga: Siswa, Ini 4 Golongan Sosial di Kerajaan Mataram Kuno

"Bangsa kita, Indonesia, memiliki keanekaragaman suku bangsa yang tidak tertandingi," ujarnya dikutip dari laman ITB, Jumat (18/11/2022).

Menurut seorang ahli, H. Th. Fischer, dikatakan terjadinya keberagaman ini karena Indonesia sejak dahulu memang memiliki calon suku bangsa dengan adanya perbedaan induk bangsa.

Kemudian disebabkan juga oleh perilaku migrasi ke lingkungan yang berbeda. Setelah bermigrasi mengakibatkan mereka jarang melakukan interaksi dengan sesamanya sehingga memunculkan suku bangsa yang berbeda.

Dijelaskan, Indonesia pada masa lampau merupakan kawasan yang berada di antara dua peradaban besar dunia yakni India dan Cina.

Kedua peradaban maju pada zamannya ini memiliki pengaruh yang besar dalam kemajuan peradaban Indonesia. Bangsa Indonesia begitu tertarik dengan kebudayaan yang dibawakan India dan mengadopsi beberapa di antaranya aksara, agama, dan tahun saka.

Hanya berawal dari tiga aspek itu, dalam proses sejarah yang panjang melahirkan Indonesia dari zaman kerajaan hingga yang seperti saat ini.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.