Kompas.com - 20/11/2022, 17:49 WIB
|

KOMPAS.com - Perundungan atau bullying saat ini cukup rentan di kalangan remaja maupun anak-anak usia sekolah. Bahkan aksi bullying juga sering terjadi di lingkungan sekolah.

Karena itu, dibutuhkan upaya agar tindakan perundungan tidak terjadi di lingkungan sekolah. Salah satunya butuh peran dari para orangtua.

Jadi, orangtua juga perlu turut serta dalam berperan melindungi anaknya supaya tidak menjadi korban perundungan. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan oleh orangtua dalam mencegah perundungan?

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Kamis (17/11/2022), seperti ini peran dari orangtua untuk mencegah aksi bullying di sekolah.

Baca juga: Cara Menghadapi Bullying di Sekolah

1. Coba memahami ciri anak yang terlibat perundungan

Terlibat ini berarti bisa pelaku maupun korban. Maka sebagai orangtua perlu memahami ciri-ciri dan juga gelagat anak yang terlibat dalam perundungan.

Orangtua perlu waspada jika menemukan anak dengan ciri-ciri seperti murung, gusar, tidak tenang, mudah cemas, takut, cenderung menyendiri, enggan pergi ke sekolah, bahkan sampai terdapat luka atau memar.

Dengan memahami tanda-tanda tersebut, orangtua dapat mengantisipasi perundungan jauh sebelum lebih parah.

2. Beri pemahaman pada anak akibat perundungan

Tentunya, perundungan adalah sesuatu yang bisa memberikan dampak buruk, baik bagi pelaku maupun korban.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.