Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Krisis Pangan, Mahasiswa Tel-U AJak Gen Z Makan Tanpa Sisa

Kompas.com - 21/11/2022, 14:37 WIB
Andia Christy,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Universitas Telkom atau Telkom University (Tel-U) menggelar kampanye Festival Cisande Food Wise bertajuk Pak Kumis Goes To School pada Selasa (8/11/2022).

Kampanye berlangsung di dua sekolah sekitar Universitas Telkom yakni Sekolah Menengah Atas (SMA) Telkom Bandung dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Telkom Bandung.

Baca juga: Anak Usaha Telkom Group Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3/S1

Isu krisis pangan yang akan terjadi pada tahun 2023 menjadi perhatian serius bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Telkom. Menurut mereka, salah satu cara untuk menyikapinya ialah dengan melakukan food wise.

Food wise merupakan salah satu cara untuk mengatasi kelebihan makanan, sekaligus dasar pengembangan ide kampanye karena memiliki makna yang sejalan dengan topik yang dipilih oleh Festival Cisande yakni krisis pangan.

Atas dasar itu, melalui kampanye Festival Cisande, para mahasiswa melakukan sosialisasi kepada siswa-siswi sekolah terkait pentingnya menyikapi isu melalui gerakan #MakanTanpaSisa.

Dengan begitu, kampanye diharapkan dapat membuat masyarakat khususnya Generasi Z dapat lebih bijak dalam mengonsumsi makanan.

Juga peduli terkait isu krisis pangan yang akan terjadi pada tahun 2023 mendatang.

Kampanye ini tidak hanya memberikan sosialisasi, tetapi juga berkoordinasi dengan guru kesiswaan untuk memberikan arahan kepada para siswa agar membawa bekal.

Baca juga: IT Telkom Surabaya Buka Pendaftaran Maba 2023

Hal ini bertujuan untuk mengajak dan membiasakan siswa membawa bekal dari rumah dan menghabiskannya ketika di sekolah.

Selain belajar berhemat, siswa sekolah juga mendapatkan makanan yang higienis dan terukur gizinya. Dengan demikian, mereka dapat belajar untuk menghadapi krisis pangan.

Tidak hanya itu, kampanye Festival Cisande juga memberikan hiburan dengan mengajak siswa-siswi bermain dan menyediakan sesi tanya-jawab.

Sesi tersebut tidak kalah serunya karena berkesempatan untuk mendapatkan e-wallet dan merchandise dari Festival Cisande.

Kampanye Festival Cisande ini juga akan dilakukan beriringan dengan kampanye lain yang menyuarakan isu krisis pangan hingga bulan Desember 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com