Kompas.com - 21/11/2022, 10:57 WIB
|

KOMPAS.com - Saat ini, permainan modern sangat dekat dengan anak remaja atau usia sekolah. Padahal, ada dampak game online bagi pelajar yang harus diketahui.

Meski demikian, game online memiliki sisi positif dan negatif. Akan tetapi jika tidak bisa mengontrol, maka anak akan kecanduan game online.

Melansir laman SMAN 13 Semarang, dibahas mengenai dampak game online bagi pelajar. Apa saja itu?

Baca juga: Sejarah Angklung, Siswa Sudah Paham?

Dampak game online bagi pelajar

1. Bisa kecanduan game

Ada penjelasan bahwa game online dapat dikatakan positif jika tidak sampai pada tahap kecanduan. Game online dapat dijadikan pelarian atas lelahnya kegiatan sehari–hari namun dengan takaran tertentu.

Sedang dikatakan tidak sehat jika seseorang mengalami kecanduan game dimana seseorang tersebut tidak dapat mengendalikan dirinya kapan bermain game dan harus berhenti.

Umumnya remaja saat ini melakukan game online diberbagai kesempatan bahkan ketika mereka belajar. Efeknya, banyak waktu terbuang sia–sia akibat game online.

Game online memberi efek candu, seseorang sudah mengetahui dampak negatifnya tapi karena kecanduan maka akan tetap melakukannya.

Terlebih otak orang–orang yang kecanduan game akan selalu berfikir tentang game setiap saat dan mengurangi fokus pada apa yang dihadapi dan dilakukan.

2. Mood changer

Biasanya ketika kita sedang memainkan game online dan ternyata kalah maka akan ada reaksi tertentu seperti menggebrak tangan ke meja, memarahi teman, berkata–kata kotor dan lain sebagainya.

Inilah yang dimaksud mood changer, yaitu kondisi dimana mood seseorang mampu berubah–ubah dikarenakan adanya suatu kondisi. Mood changer akan berdampak negatif jika tidak dapat dikendalikan.

Baca juga: 5 Tips Mengisi Libur Akhir Pekan yang Bermanfaat bagi Siswa

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.