Kompas.com - 22/11/2022, 14:09 WIB
|

KOMPAS.com - Makanan atau minuman bisa menyebabkan seseorang keracunan. Tapi ternyata obat juga dapat menyebabkan keracunan.

Jadi, obat yang seharusnya menyembuhkan suatu penyakit justru malah menjadi racun. Karena itu, masyarakat harus paham penyebab keracunan obat dan cara penanganannya.

Pada Bincang Sehat RAISA berjudul “Awas Keracunan Obat”, Senin (21/11/2022), RAISA Radio memberikan edukasi terkait apa saja yang menjadi penyebab manusia bisa keracunan obat.

Dr.rer.nat. apt. Arko Jatmiko Wicaksono, M.Sc dari Departemen Farmakologi dan Terapi FKKMK Universitas Gadjah Mada (UGM), menjelaskan ada beberapa hal yang menyebabkan keracunan obat.

Baca juga: Dosen UGM: Seperti Ini Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Tepat

Penyebab keracunan obat

1. dosis obat

2. stabilitas obat

3. cara penyimpanan

Sebagai contoh, dosis obat untuk anak-anak dan orang dewasa berbeda karena ginjal dan liver anak fungsinya belum sempurna.

"Jika dipaksakan mengonsumsi obat dengan dosis yang sama, anak bisa mengalami keracunan," ujarnya dikutip dari laman FKKMK UGM.

Sedangkan cara penyimpanan obat yang salah juga bisa menjadi penyebab keracunan obat.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.