Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Mahasiswa Sebelum Magang

Kompas.com - 14/12/2022, 12:00 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Program Magang merupakan kegiatan pembelajaran guna menambah wawasan dan pengalaman praktis dalam dunia usaha, industri, dan dunia kerja. Dengan demikian, saat mengikuti program magang, mahasiswa dapat merasakan atmosfer dunia kerja yang sesungguhnya.

Program magang ini sangat penting dilakukan mahasiswa atau fresh graduate.

Selain itu, dengan mengikuti program magang juga bisa menambah pengalaman, bahkan salah satu peluang dan kesempatan dalam menunjukkan kualitas kerja yang baik, sehingga kamu akan diajak bergabung di perusahaan tempat kamu magang.

Beberapa perusahaan memberikan uang saku kepada peserta magang yang meliputi biaya transportasi, uang makan, dan insentif peserta pemagangan. Namun, perlu diingat hal ini tergantung kebijakan setiap perusahaan, termasuk besaran yang diterima setiap bulannya.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 2022 Lulusan SMA-SMK dan D1-S1 di 40 Wilayah

Bagi mahasiswa atau fresh graduate yang mau mencari pengalaman dengan mengikuti program magang, ada baiknya memperhatikan beberapa hal sebelum memilih perusahaan, sehingga  dapat mengikuti program magang dengan lebih baik dan lancar.

Melansir laman Instagram resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) @ditjen.dikti, ada lima hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani magang.

1. Riset informasi dan detail perusahaan tempat magang

Sebelum mendaftar ke tempat magang, lakukanlah riset pada perusahaan yang kamu dituju terkait kultur dan aturan yang berlaku. Kemudian catat prosedur dan persyaratan magang yang berlaku di perusahaan tersebut.

Baca juga: BUMN Pelindo Buka 50 Lowongan Magang Siswa SMK, D3, D4 dan S1

2. Mencari informasi detail pekerjaan yang dipilih

Setelah melakukan riset perusahaan, cari tahu detail deskripsi pekerjaan dan keterampilan yang dibutuhkan pada posisi pekerjaan yang kamu tuju untuk mendapatkan gambaran dan meningkatkan kualitas skill terkait posisi tersebut.

3. Mempersiapkan dokumen pribadi

Saat mendaftar magang, lengkapi data pribadi dan dokumen seperti CV, KTP, kartu mahasiswa, surat keterangan mahasiswa aktif, surat pengantar dari kampus, dan dokumen lainnya.

Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan dokumen lain yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan perusahaan yang kamu tuju, sehingga tidak terhambat saat proses pendaftaran.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Buka Lowongan Magang Mahasiswa, Ada 6 Posisi

4. Mempersiapkan tes wawancara

Dalam menjalani seleksi magang, kamu akan dihadapkan dengan tes wawancara. Oleh karena itu, jangan lupa latihan untuk menjawab beragam pertanyaan dan mengetahui mekanisme wawancara guna melatih skill komunikasi.

5. Mempersiapkan mental dan target kerja

Ketika kamu sudah memasuki program magang, saat itu juga kamu sudah memasuki dunia kerja yang sesunggunya, meskipun dengan status magang.

Oleh karena itu, siapkanlah mental kamu karena lingkungan kerja akan berbeda dengan lingkungan kampus. Jangan lupa siapkan target dan tujuan saat bekerja di tempat magang agar perjalanan magang menjadi terstruktur dan berjalan dengan baik, sehingga kamu dapat menikmati proses magang dengan hasil yang optimal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com