Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengatur Waktu untuk Mahasiswa agar Produktif di Tahun 2023

Kompas.com - 24/12/2022, 16:00 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mahasiswa perlu memahami cara memanajemen waktu dengan baik, sehingga dapat memanfaatkan dan mengatur waktunya untuk mengerjakan tugas kuliah, aktif dalam organisasi, dan berbagai aktivitas lainnya.

Bagi mahasiswa yang tinggal di kos atau jauh dari orangtua, kerap mengalami kesulitan ketika menjalani masa transisi untuk hidup mandiri. 

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia 2023, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Dosen Manajemen Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Fandi Fatoni berpendapat bahwa mahasiswa yang tidak mampu memanajemen waktu dengan baik akan rentan stres dengan banyaknya tugas-tugas dari dosen, apalagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja.

“Tugas banyak dan pekerjaan banyak. Kalau tidak ditata dengan baik, semua akan keteteran dan hasilnya pun gak maksimal, termasuk tugas. Ujung-ujungnya stres dan ini bisa berbahaya sebenarnya bagi kesehatan mental. Bukan hanya mahasiswa, dosen pun bisa stres kalau gak punya manajemen waktu yang baik,” kata Fandi seperti dikutip dari laman Unesa.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 2022 Lulusan SMA-SMK dan D1-S1 di 40 Wilayah

Menurut Fandi, manajemen waktu adalah mengatur kegiatan sehari-hari dengan membuat daftar kegiatan yang diprioritaskan, kegiatan yang dapat ditunda, dan sebagainya.

Intinya, mengatur aktivitas sesuai dengan kebutuhan, sehingga terarah, punya target, dan sesuai harapan. Untuk membantu mahasiswa, Fandi membagikan tips manajemen waktu yang dapat digunakan oleh mahasiswa.

3 Tips sukses manajemen waktu bagi mahasiswa

1. Membuat rancangan kegiatan

Kamu perlu membuat daftar rancangan kegiatan yang kamu lakukan. Dengan demikian, kamu dapat mengatur jadwal pelaksanaan kegiatan tersebut secara lebih fleksibel.

Kadangkala kegiatan yang diprediksi dapat selesai sesuai target atau sebaliknya, tetapi kamu perlu membuat rencana awal, sehingga kamu lebih fokus dalam melakukan setiap aktivitas dan lebih terarah sesuai dengan tujuannya.

Rancangan kegiatan ini dapat kamu dilakukan pada malam hari sebelumnya atau bisa juga pada awal hari atau pagi sebelum memulai aktivitas.

Baca juga: Pentingnya Manajemen Waktu bagi Siswa Agar Sukses UTBK

Banyak mahasiswa membuat rancangan kegiatan per minggu dengan menyusun to do list atau daftar tugas dan kegiatan yang dilakukan per minggunya.

Sebagai contoh, kamu dapat menyusun jadwal kuliah, pengerjaan tugas sebelum deadline, berorgasisasi, diskusi, dan hang out. Kamu menyusunnya secara detail menyangkut hari dan jam pelaksanaannya. Dengan demikian, jadwal kamu lebih terstruktur dan rapi.

2. Buat skala prioritas dan fokus

Setelah membuat daftar kegiatan secara terperinci, selanjutnya kamu perlu menyusun skala prioritas bagi kegiatan yang paling mendesak atau urgent diselesaikan.

Kemudian, kamu juga perlu menyusun kegiatan yang kurang mendesak atau masih bisa ditunda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com