Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/12/2022, 13:07 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Perempuan yang telah menikah dan memiliki anak seringkali lebih memilih untuk melepaskan pekerjaannya dan lebih fokus mengurus anak dan rumah tangga. Meski sebenarnya para ibu tentu memiliki keahlian hingga prestasi dalam berbagai bidang, seperti dalam bidang teknologi, kewiraswastaan, dan pendidikan.

Keahlian dan pengetahuan tersebut sebenarnya masih dibutuhkan oleh orang lain guna meningkatkan keterampilan (upskill), melatih kemampuan (reskill), dan mendapat kebebasan dalam menentukan jalan karir mereka dalam meningkatkan kualitas hidup melalui pembelajaran.

Baca juga: Kala Ibu-ibu PKK Bangun 38 Taman Baca, Bantu Cerdaskan Anak Desa

Kisah Heni, pendidik kreatif di bidang edukasi teknologi

Heni Prasetyorini menjadi salah seorang ibu rumah tangga yang memilih untuk membuka kursus online sesuai keahliannya, meski sebagian besar waktunya dicurahkan untuk dua orang anak. Kini, Heni telah memiliki startup (usaha rintisan) di bidang edukasi teknologi.

Heni menjadi seorang pendidik kreatif yang penuh semangat mengajarkan anak-anak belajar coding dan lebih mengenal teknologi.

Ia memulai perjalanannya membuka kursus online di platform pembelajaran Udemy dengan memberikan kursus gratis mengenai coding atau programming untuk anak-anak. Para orangtua dan guru juga dapat menggunakan materi pembelajaran tersebut untuk mengajarkan anak-anak.

Menurutnya, langkah ini memungkinkan para ibu untuk berbagi pengetahuan dan keahlian mereka, sekaligus mendapatkan penghasilan pasif sambil tetap mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Baca juga: Cerita Para Ibu Penggerak Hapus 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan Anak

Setelah berhasil dengan kursus gratis, Heni membuat lagi dua kursus berbayar. Dengan demikian, Heni telah membantu ratusan pembelajar dalam mempelajari coding dan mengubah kehidupan mereka menjadi lebih kreatif dengan teknologi.

Melalui Udemy, kursus-kursus dari para online educator seperti Heni bisa diakses oleh para pembelajar Udemy di seluruh dunia yang sudah mencapai 57 juta pembelajar.

Heni biasanya mengalokasikan dua hingga tiga jam per hari untuk membuat konten video edukasinya, dengan proses penyelesaian sekitar dua minggu di sela-sela kegiatan sehari- harinya seperti mengajar, mengelola bisnis, dan melakukan pekerjaan rumah tangga.

“Sangat penting bagi para wanita, khususnya para ibu untuk memahami teknologi dan memiliki keberanian untuk terjun ke dunia IT. Teknologi membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah,” urai Heni dalam keterangan resmi Udemy.

Baca juga: Terkenal Disiplin, Begini Cara Orangtua Jepang Mendidik Anak

Heni juga berpendapat jika seorang ibu memahami teknologi, akan menjadi lebih mudah baginya untuk mengembangkan dirinya dan keluarga, terlebih lagi untuk melindungi keluarganya. Para ibu dapat menjadi kreator dengan memahami teknologi dan terjun langsung pada bidang ini.

Heni juga berpendapat bahwa untuk menjadi seorang online educator, para ibu harus mampu fokus mempersiapkan materi dan membuat video-video pembelajaran.

Selain itu, Heni juga merekomendasikan topik-topik seperti digital parenting, pengembangan ibu rumah tangga, atau coding mom untuk para ibu yang ingin membuat kursus online di Udemy. Ia sendiri berencana akan membagikan keahliannya dalam membuat toko online atau perhiasan handmade, selain keahliannya pada coding.

Heni menyarankan para ibu untuk bergabung atau melibatkan komunitas jika mereka mengalami kesulitan dalam proses pembuatan kursus online seperti mengoperasikan kamera atau mengedit video.

“Dengan bergabung pada komunitas, maka para ibu yang ingin mengajar secara online di Udemy ini akan dapat saling membantu dalam menyelesaikan video pembelajaran,” pungkas Heni.

Baca juga: 4 Beasiswa S2-S3 Luar Negeri dengan Uang Saku Rp 300 Juta Per Tahun

Head of Indonesia Market di Udemy, Giri Suhardi mengatakan berbagi pengetahuan dengan membuat kursus daring merupakan salah satu cara yang paling populer untuk memperoleh pendapatan pasif, termasuk untuk para ibu Indonesia.

“Udemy memiliki komunitas yang dinamis dengan lebih dari 74.000 instruktur, termasuk ibu rumah tangga yang dapat memperoleh penghasilan dengan memanfaatkan keterampilan dan pengetahuan mereka yang sudah sangat terasah sambil tetap melakukan pekerjaan rumah tangga dan fokus pada peran sebagai ibu,” ujar Giri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com