Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Dampak Punya Teman Toxic di Kampus, Mahasiswa Harus Tahu

Kompas.com - 27/12/2022, 12:43 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah kamu punya teman menyebalkan? Cenderung toxic? Maka kamu perlu mengetahui ciri-ciri teman toxic yang harus diwaspadai.

Pertemanan sehat melibatkan perilaku saling respek, saling bantu, dan saling mendukung. Namun, pada kenyataannya, tidak sedikit orang terjebak dalam pertemanan berat sebelah.

Di satu sisi, banyak juga yang dimanfaatkan dan bahkan disakiti oleh teman, seperti direndahkan, bergosip tentangmu, tidak tulus, bahkan tidak peduli dengan perasaanmu.

Namun, mereka tidak tahu bagaimana melepaskan diri dari pertemanan yang merusak. Kondisi ini dikenal sebagai toxic friendship atau pertemanan toxic.

Baca juga: Dicari 9.000 Mahasiswa untuk Program Bangkit 2023 Kemendikbud, Sudah Daftar?

Nurchayati, Dosen Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyatakan bahwa pertemanan toksik bukan saja tidak sehat, tetapi juga berbahaya.

Seberapa berbahaya teman toxic? 

Dia memaparkan ciri-ciri teman toxic yaitu suka merendahkan, mempermainkan dan menjadikan teman sebagai bahan gosip serta senang membuat jiwa kurang tenang dan nyaman.

Teman toksik juga tak segan menyakiti, membanding-bandingkan dan memperlakukan kita sebagai sekadar alat untuk mencapai tujuan pribadinya. Mereka bahkan meracuni pertemanan dengan kebohongan,” bebernya, dilansir dari Unesa.

Kalau sudah terlanjur terjebak dalam toxic friendship, lanjut dia, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Pertama, batasi pergaulan dengan mereka dan minimalkan interaksi dengannya.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 2022 Lulusan SMA-SMK dan D1-S1 di 40 Wilayah

Kedua, beri dia saran perbaikan secukupnya. Ketiga, secara langsung dan santun, bicarakan dengannya ketidaksehatan dalam relasi.

Keempat, harus berani berkata “tidak” kepadanya. Kelima, utamakan berkawan dengan orang non-toxic.

“Intinya, kita terapkan pembatasan. Jauhkan si teman toxic dari zona privacy kita. Dengan dia, kita jangan pernah berbagi urusan pribadi, problem keluarga, dan informasi apa pun yang bukan bahan konsumsi umum,” kata Nurchayati.

Jurus tidak terjebak teman toxic

Agar anak muda terhindar dari pertemanan toksik, Nurchayati merekomendasikan empat jurus.

Pertama, pelajari dulu karakter umum lingkar pertemanan dan pola perilaku di dalamnya. Kedua, jangan buru-buru dan terlalu gampang melibatkan teman dalam ranah intim kehidupan, seperti urusan pribadi dan keluarga.

Ketiga, jauhi “tongkrongan” atau lingkar pertemanan yang memberlakukan persyaratan keanggotaan. “Misalnya sebelum boleh bergaul dengan teman-teman itu, kita diharuskan membeli dulu barang tertentu. Ini indikator ketoksikan. Maka, hindari berteman dengan mereka,” terangnya.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei Darussalam 2023, Tunjangan Rp 7 Juta Per Bulan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com