Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tanda Diterima Kerja Setelah Interview, Fresh Graduate Harus Tahu

Kompas.com - 11/01/2023, 14:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Usai lulus kuliah, para fresh graduate akan mencari pekerjaan. Di tengah proses rekrutmen, pasti akan menjumpai interview atau wawancara kerja.

Jika kamu sudah sampai tahap tersebut, ini tanda diterima setelah interview yang harus diketahui terutama para fresh graduate.

Seperti apa tandanya? Melansir laman KitaLulus, ada 10 tanda diterima kerja setelah interview. Tentu hal ini agar kamu tidak merasa di ghosting oleh HRD.

Baca juga: 10 Cara Perkenalan Diri Saat Interview

Tanda diterima kerja setelah interview

1. Berjalan antusias

Jika HRD atau interviewer merasa kamu spesial pada saat berinteraksi di sesi interview, maka ini menjadi pertanda kamu salah satu kandidat terpilih.

Sebab, HRD tidak mudah terkesan dengan kemampuan kandidat yang biasa saja. Terlebih, pasti sudah banyak kandidat yang diwawancara sehingga mereka akan merasa lelah dengan interaksi yang tidak memiliki kesan spesial.

2. Wawancara kerja yang panjang

Biasanya, sesi interview berdurasi 10-15 menit. Tetapi jika kamu menjalani interview dengan durasi lama, itu bisa jadi salah satu tanda bahwa kamu diterima kerja.

Hal ini karena HRD ingin mengobrol dan menggali lebih dalam potensi dirimu. Apakah layak untuk bergabung dengan perusahaan atau tidak.

3. Diberi penjelasan jobdesk detail

Ketika interviewer menjelaskan dengan detail tugas dan tanggung jawab yang harus kamu kerjakan ketika lolos nanti, kemungkinan itu menjadi tanda diterima kerja setelah interview.

Baca juga: Apa Itu Walk In Interview dan Cara Menghadapinya? Fresh Graduate Simak

4. Diberi penjelasan tentang tim

Adapun tanda diterima kerja setelah interview ialah kamu juga akan dijelaskan tentang detail tim yang nantinya bekerja sama dengan kamu. Penjelasan ini tidak akan diterima oleh banyak kandidat, kecuali mereka yang lolos.

5. Nego gaji

Jika kamu dapat pertanyaan tentang gaji yang kamu inginkan, ini jadi salah satu tanda. Terlebih jika HRD juga akan memberikan negosiasi gaji sehingga tercipta win win solution untuk kamu dan perusahaan.

Seandainya demikian, maka kamu adalah kandidat yang harus dimiliki dan sebisa mungkin perusahaan ingin memberikan yang kamu inginkan, utamanya dari segi nominal gaji, supaya tetap melanjutkan proses rekrutmen.

6. Diberi penjelasan benefit perusahaan

Saat HRD atau user menjelaskan dengan lengkap apa saja bonus, tunjangan, bahkan budaya perusahaan, itu akan menjadi tanda diterima kerja setelah interview.

Baca juga: Cara Jawab Pertanyaan Apa Kelemahanmu? Saat Interview Kerja, Fresh Graduate Cek

7. Kapan bisa mulai kerja?

Pertanyaan ini menandakan bahwa kamu positif memiliki peluang tinggi diterima kerja di perusahaan tersebut.

Sebab, untuk kandidat yang tidak memiliki potensi yang dicari perusahaan, interviewer hanya akan berterima kasih kepada kandidat karena telah mengikuti wawancara saat itu.

8. Langsung diberi tahu kamu yang dicari

Selain itu, banyak HRD dan user yang akan dengan langsung berkata jujur kepada kandidatnya jika memang positif ingin menerimanya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com