Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Harus Kamu Lakukan jika Salah Pilih Jurusan Kuliah

Kompas.com - 17/01/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Melanjutkan kuliah adalah kesempatan berharga. Namun, apa jadinya jika ternyata jurusan yang diambil tidak sesuai dengan passion?

Tentu ada rasa menyesal di belakang. Sebab, jurusan kuliah itu penting untuk menentukan masa depan seorang mahasiswa.

Apalagi kuliah di perguruan tinggi juga butuh biaya yang tak sedikit. Maka dari itu, memilih jurusan kuliah harus sesuai dengan minat dan bakat.

Kendati demikian, jika kamu mengalami salah jurusan kuliah, masih ada waktu untuk memperbaikinya. Ini yang harus kamu lakukan.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Agribisnis, Referensi Pilih Jurusan Kuliah

Informasi dirangkum dari laman Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I).

Hal yang harus dilakukan jika salah pilih jurusan kuliah

1. Coba untuk berpikir positif

Jika kamu salah pilih jurusan kuliah, hal pertama yang harus dilakukan ialah tetap berpikiran positif dan yakinlah kamu masih tetap bisa meraih masa depan.

Banyak pengalaman di luar yang membuktikan bahwa kesuksesan bisa dicapai dengan bekerja keras bukan hanya bermodal ijazah semata. Pikiran ini harus tetap dijaga agar bisa menjalani proses perkuliahan dengan semangat.

2. Ikut organisasi kemahasiswaan

Di kampus tentu menyediakan berbagai unit kegiatan mahasiswa (UKM). Karena itu, kamu harus ikut kegiatan positif di organisasi kemahasiswaan tersebut.

Contohnya kamu mahasiswa teknik informatika dan tertarik dengan alam, bisa langsung bergabung dengan UKM pencinta alam.

Tak hanya bisa mendapatkan pengetahuan baru dan pengalaman seru, teman baru dari jurusan berbeda pun bisa didapatkan. Selain UKM, kamu juga bisa belajar banyak hal dengan bergabung ke organisasi kemahasiswaan di kampus.

Baca juga: 9 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan, Referensi Ikut SNPMB 2023

3. Bisa ikut kursus

Meski salah pilih jurusan kuliah, kamu bisa mengikuti kursus mata pelajaran tertentu untuk mendongkrak nilai yang dirasa masih jauh dari harapan.

Kamu bisa pula mengembangkan soft skill lain, contohnya mengikuti kursus bahasa asing atau desain grafis, atau keahlian lainnya sesuai minat.

4. Ikut magang kerja

Jika ingin punya banyak wawasan dan pengalaman, kamu bisa ikut program magang. Tak hanya untuk memenuhi kewajiban kuliah, kamu juga bisa terlibat dalam kegiatan magang secara sukarela.

Dengan ikut magang kerja, dan dapat wawasan baru, kamu secara otomatis bisa memperluas jaringan pertemanan yang pastinya sangat bermanfaat untuk masa depan.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

5. Ambil double degree

Sedang solusi salah pilih jurusan kuliah berikutnya ialah bisa dengan mengambil double degree. Double degree artinya kamu akan menjalani kuliah di dua jurusan sekaligus.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com