Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2023, 15:50 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah harus disesuaikan dengan minat dan bakat. Tapi, calon mahasiswa juga perlu melihat jurusan kuliah yang prospek kerjanya bagus.

Karena, jika ambil program sarjana maka harus kuliah selama kurang lebih 4 tahun. Maka dari itu, kamu harus bisa melihat peluang ke depannya.

Harapannya, ketika lulus kuliah kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan impianmu.

Melansir laman AkuPintar, berikut ini beberapa jurusan kuliah yang prospek kerjanya bagus:

Jurusan kuliah yang prospek kerjanya bagus

1. Kedokteran

Jurusan kuliah yang satu ini tentu menjadi idama bagi siapa saja. Namun selain pintar, jurusan ini juga terkenal biayanya mahal.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah IPS, Kamu Cocok yang Mana?

Tapi, berkaca dari pandemi Covid-19, dokter sangat dibutuhkan hingga kapanpun. Karena ada saja orang yang sakit dan butuh dokter di rumah sakit.

2. Sastra Inggris

Bagi yang suka dengan bahasa Inggris, maka bisa coba ambil Sastra Inggris. Mahasiswa Sastra Inggris biasanya sudah mulai bekerja sebagai penerjemah sejak masih kuliah.

Saking akrabnya anak Sastra Inggris dengan berbagai literatur, rata-rata mereka jago menulis sampai termasuk membuat konten. Ada pula Sarjana Sastra yang menjadi dosen setelah melanjutkan kuliah S2.

3. Ilmu Ekonomi

Siapa yang tak kenal dengan Menteri Keuangan RI? Ya, ibu Sri Mulyani adalah lulusan Sarjana Ekonomi. Jadi, lulusan Ekonomi juga cukup menjanjikan. Apalagi setiap perusahaan selalu butuh lulusan ekonomi.

4. Ilmu Komunikasi

Adapun jurusan kuliah yang prospek kerjanya bagus berikutnya ialah Ilmu Komunikasi. Ini karena sekarang industri kreatif sedang gencar.

Selain itu, bisnis kreatif juga butuh alumni Ilmu Komunikasi yang jago desain, fotografi, membuat iklan, public speaking, bahkan menulis.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

5. Teknik Informatika

Tentunya, web developer, computer programmer, dan software developer adalah beberapa profesi yang banyak digeluti oleh alumni jurusan ini.

6. Teknik Perminyakan

Bukan rahasia lagi kalau alumni jurusan ini rata-rata berpenghasilan cukup besar. Mereka ada yang menjadi ahli tambang, ahli pengeboran, teknisi perminyakan, dan berbagai profesi bergaji tinggi yang lain di bidang pertambangan.

7. Psikologi

Lulusan Psikologi banyak juga dibutuhkan oleh perusahaan. Selain menjadi bagian dari divisi HRD, seorang psikolog juga bisa menjadi terapis atau konselor yang bekerja secara mandiri.

8. Desain Komunikasi Visual

DKV juga terhitung sebagai jurusan dengan prospek kerja bagus, seperti desainer grafis, animator, hingga desainer produk industri.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Agribisnis, Referensi Pilih Jurusan Kuliah

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com