Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2023, 19:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam tumbuh kembang anak, orangtua juga perlu memperhatikan kecerdasan intrapersonal.

Kecerdasan intrapersonal merupakan kecerdasan seseorang yang memiliki kemampuan dalam memahami dan berinteraksi dengan sesama secara efektif. Serta kemampuan mempertahankan hubungan yang telah terjalin sebelumnya.

Siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal mempunyai beberapa ciri seperti merasa percaya diri, cenderung tidak menemui kesulitan dan tidak mudah bosan apabila harus bermain sendiri tanpa teman bermain. Hingga punya kemauan keras dan mandiri dan bisa mengekspresikan perasaannya dengan baik.

Anak yang memiliki kecerdasan intrapersonal yang berkembang dengan baik akan mendatangkan banyak manfaat setelah dia dewasa.

Baca juga: Agar Anak Sukses di Masa Depan, Ajarkan 5 Keterampilan Hidup Ini

7 kegiatan untuk menstimulasi kecerdasan intrapersonal anak

Bagi orangtua, ada banyak cara yang dapat dilakukan orangtua untuk mengasah kecerdasan intrapersonal anak.

Melansir dari laman sekolah BPK Penabur, Rabu (8/2/2023) memaparkan 7 kegiatan yang bisa dilakukan orangtua bersama anak untuk menstimulasi kecerdasan intrapersonal anak. Berikut cara menstimulasi kecerdasan intrapersonal anak:

1. Mengajak anak bercerita

Bercerita menjadi salah satu kegiatan sederhana yang bisa menstimulasi kecerdasan intrapersonal pada anak. Orangtua bisa mendorong anak untuk menceritakan tentang dirinya dan apa yang sedang dirasakan.

Misalnya, tanyakan apa saja kegiatannya selama di sekolah. Selain itu, orangtua juga bisa menanyakan apa keinginan atau cita-citanya kelak. Anak juga bisa diajak untuk menceritakan berbagai hal, seperti hubungannya dengan teman-teman atau masalah apa yang sedang dirasakan.

2. Biasakan membaca buku

Seperti diketahui bersama, membaca buku mendatangkan berbagai manfaat bagi anak. Salah satunya adalah menstimulasi kecerdasan intrapersonal pada anak. 

Dengan membiasakan membaca buku, anak bisa lebih mengeksplor diri dengan ilmu pengetahuan, termasuk mengenali minat dan bakatnya.

Baca juga: Keterampilan Abad 21 yang Harus Dimiliki Siswa

3. Menulis

Aktivitas lain yang bisa menstimulasi kecerdasan intrapersonal anak adalah menulis. Selain bercerita langsung, anak juga bisa mengungkapkan isi hati hingga kegiatan sehari-harinya dalam bentuk tulisan.

Di sisi lain, menulis juga membantu anak mengamati kondisi sekitar dari sudut pandang yang berbeda.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com