Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen Unesa: 7 Tips agar Tidak Gampang Sakit

Kompas.com - 21/02/2023, 13:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unesa

KOMPAS.com - Beberapa hari ini, intensitas hujan masih tinggi. Bahkan beberapa wilayah di Indonesia mengalami banjir yang berada di dekat sungai.

Tentu, cuaca ekstrem seperti ini bisa berpotensi menimbulkan masalah kesehatan manusia seperti batuk, pilek hingga demam.

Maka dari itu, dibutuhkan tips agar tidak gampang sakit. Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dr. Niken Sasadhara Sasmita, M.Med.Kom., memberikan penjelasannya.

Menurut dia, intensitas hujan tinggi bisa membuat udara menjadi lembab. Ternyata, itu bisa membuat sebagian besar virus mudah menyebar sehingga membuat seseorang rentan terkena masalah kesehatan.

Baca juga: 11 Tips Diet Sehat bagi Mahasiswa

Agar tidak gampang sakit di cuaca ekstrem, maka daya tahan tubuh perlu ditingkatkan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat atau PHBS.

Berikut ini beberapa tips agar tidak gampang sakit dari dosen FIKK Unesa:

Tips agar tidak gampang sakit

1. Minum air putih yang cukup

Hal pertama ialah dengan mencukupi kebutuhan air putih. Sehingga tidak mengalami semacam gangguan fungsi pencernaan. Air putih juga penting untuk mempertahankan suhu tubuh yang normal.

Untuk konsumsi air putih orang dewasa disarankan sekitar 2 sampai 2,5 liter atau sekitar delapan gelas ukuran 230 ml perhari.

2. Minuman dingin dikurangi

Jika berlebihan mengonsumsi minuman dingin tentu tidak bagus. Apalagi saat musim hujan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Menurut dr. Niken, konsumsi minuman dingin bisa memperparah gejala radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Baca juga: Kamu Suka Nyemil? Ini 4 Camilan Sehat dan Hemat

3. Memakai jas hujan

Mengenakan jas hujan ketika hujan tentu sangat bagus. Karena bisa menjaga suhu tubuh. "Badan yang basah dan terpapar angin saat naik motor rasanya dingin dan itu bisa membuat badan jadi down," ujarnya dikutip dari laman Unesa, Minggu (19/2/2023).

Misalnya saja tidak sempat membawa jas hujan, sebaiknya tidak memaksa berkendara alias menunggu hujan reda kemudian keluar rumah/kantor atau melanjutkan perjalanan.

4. Konsumsi makanan bergizi

Sementara Kepala Seksi Pelayan Kesehatan Unesa Kampus Lidah Wetan juga menyarankan agar tidak sembarangan mengonsumsi makanan. Konsumsi makanan tidak hanya enak, tetapi juga sehat bagi tubuh.

Setiap hari tubuh setidaknya membutuhkan asupan protein, lemak dan karbohidrat serta nutrisi lain seperti vitamin hingga mineral.

5. Istirahat cukup

Adapun tips agar tidak gampang sakit berikutnya ialah istirahat yang cukup. Badan yang kurang istirahat bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit kronis yang membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.

Halaman:
Sumber Unesa


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com