Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Dunia Fesyen? Ini yang Dipelajari di SMK Jurusan Tata Busana

Kompas.com - 10/03/2023, 11:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Setiap tahun tren fesyen di dunia selalu berubah-ubah. Salah satu penyebabnya bisa karena dipengaruhi oleh adanya suatu event.

Atau, penggunaan busana oleh tokoh/artis terkenal juga bisa menjadi suatu tren tersendiri. Maka tak heran jika dunia fesyen cukup digemari siapa saja.

Bahkan prospek kerja tata busana masih akan terus diminati. Jadi bagi yang tertarik di dunia fesyen, maka harus belajar sejak dini.

Salah satunya sejak di bangku sekolah atau SMK. Sebab, di SMK ada Jurusan Tata Busana untuk belajar mengenai dunia tata busana.

Baca juga: 7 Peluang Kerja SMK Tata Busana

Lantas, apa yang akan kamu dapatkan jika ambil Jurusan Tata Busana? Apa yang akan dipelajari saat di SMK Jurusan Tata Busana?

Melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Kamis (9/3/2023), guru Jurusan Tata Busana SMKN 1 Buduran, Kusrianah memberikan penjelasannya.

Ini yang dipelajari di SMK Tata Busana

Dikatakan, ada 4 hal yang akan kamu dapatkan jika kamu sekolah di SMK Jurusan Tata Busana.

1. Dasar-dasar busana

Hal pertama tentu siswa akan diberi materi terkait materi menjahit dan pengenalan alat jahit.

Selain itu juga tentang fragmen macam-macam kampuh, kelim, dasar garis leher, membuat rok, celana panjang wanita, blus, dan kemeja.

2. Pola

Untuk tahap ini, siswa bakal diajarkan berbagai macam teknik badan, mineke bunka, dasar garis leher, pemindahan kupnat, macam-macam kerah, pola dasar rok, celana, blus dan kemeja.

3. Desain

Di dalam materi ini, nantinya siswa akan diajarkan terkait prinsip dan unsur desain, warna, proporsi tubuh secara desain.

Adapula detail wajah, tangan, kaki, dasar garis leher, macam-macam kerah, macam-macam rok, celana, blus dan kemeja.

4. Technopreneur

Sedangkan untuk materi technopreneur ini merupakan bagian dari ekonomi kreatif, ekonomi digital, dan bisnis online.

Nantinya, siswa bakal diajari terkait bidang pekerjaan pada industri busana dan siswa juga akan diajarkan tentang entrepreneur.

Baca juga: Tertarik Kerja di Kapal Pesiar? Pahami Dulu 3 Hal Ini

Jadi, itulah 4 hal yang akan kamu pelajari di SMK Jurusan Tata Busana. Tentu harapannya siswa bisa turut memajukan dunia fesyen di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com