Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Jepang Jadi Tujuan Melanjutkan Pendidikan Tinggi

Kompas.com - 30/04/2023, 20:00 WIB
Valencia Putri,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berbagai program beasiswa hingga peluang kerja dengan gaji menjanjikan menjadi sejumlah alasan mengapa Jepang menjadi salah satu negara tujuan mahasiswa internasional, termasuk Indonesia, melanjutkan pendidikan tinggi.

Selain itu, Jepang juga memiliki budaya yang unik dan menarik, membuat mahasiswa memiliki banyak kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata dan festival budaya yang khas.

Melansir melalui Kobi Education, berikut 4 alasan mengapa Jepang menjadi negara tujuan bagi mahasiswa internasional untuk berkuliah:

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Malaysia 2023: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 11 Juta Per Bulan

1. Kualitas pendidikan

Jepang memiliki banyak kampus top dunia, seperti The University of Tokyo, Kyoto University, Tokyo Tech, Osaka University, dan Tohoku University.

Universitas Jepang dikenal karena memiliki kurikulum yang ketat dan menuntut. Hal ini membuat mahasiswa di Jepang terbiasa untuk belajar dengan keras dan disiplin, sehingga memiliki kemampuan akademik yang tinggi.

2. Banyak beasiswa fully funded

Banyak sekali beasiswa fully funded atau beasiswa yang memberikan biaya pendidikan penuh secara gratis di Jepang.

Universitas Jepang yang menawarkan beasiswa ini bagi mahasiswa internasional. Contohnya seperti program beasiswa MEXT Scholarship, INPEX Scholarship, Mitsui Bussan Scholarship, Ajinomoto Scholarship, Hokkaido University President Fellowship, dan LPDP.

Baca juga: Intip Biaya Kuliah di Amerika Serikat: Harvard, MIT, hingga Stanford

3. Kesempatan kerja

Berkuliah di Jepang juga memberikan keuntungan seperti diperbolehkan untuk bekerja sambil kuliah selama 28 jam per minggu dan setelah lulus kuliah juga banyak kesempatan yang dibuka perusahaan Jepang dengan merekrut mahasiswa Internasional.

4. Aman untuk pelajar

Jepang menjadi negara teraman dengan tingkat kejahatan dan kekerasan yang rendah, selain itu Jepang juga memiliki sistem kesehatan tercanggih di dunia.

Kondisi keamanan yang baik di Jepang membuat kamu bisa fokus pada studi tanpa harus khawatir dengan keamanan pribadi.

Selain itu, infrastruktur transportasi yang canggih membuat kamu bisa mudah berkeliling dan mengunjungi tempat-tempat menarik di Jepang.

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang, Gratis Kuliah dan Uang Saku Rp 12 Juta Per Bulan

Itulah beberapa alasan mengapa mahasiswa harus berkuliah di Jepang. Benefit yang banyak mulai dari kualitas pendidikan yang baik, teknologi terkini, budaya yang menarik, dan keamanan yang terjamin, tidak mengherankan jika Jepang menjadi destinasi kuliah yang populer bagi mahasiswa internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com