Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kredibilitas PTN BH, UPI Kerek Pembangunan SDM hingga Infrastruktur

Kompas.com - 15/05/2023, 10:19 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pembangunan universitas yang unggul tidak hanya cukup membangun Sumber Daya Manusia, namun juga diperlukan dukungan pembangunan dan ketersediaan infrastruktur.

Keseimbangan keduanya, diharapkan dapat menciptakan kestabilan antara layanan akademik maupun non-akademik dalam tubuh manajerial Kampus.

Pembangunan dan ketersediaan infrastruktur kampus seperti gedung perkuliahan, laboratorium, perpustakaan, ruang seminar, auditorium, gedung olahraga, sarana ibadah, ruang layanan publik, gedung pusat kajian riset, gedung inovasi dan gedung-gedung lain nyatanya mampu menunjukkan kredibilitas sebuah Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) di Indonesia.

Baca juga: 8 Kampus dengan Bidang Pendidikan Terbaik di Indonesia, UPI Nomor 1

Sebab itu, pembangunan SDM hingga infrastruktur menjadi upaya yang sedang dilakukan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam menjaga kredibilitas sebagai PTN BH yang unggul dalam berbagai bidang pemeringkatan dan pelayanan publiknya.

Peran Prpfesor Memen Dalam Pembangunan Infrastruktur Upi Dok. UPI Peran Prpfesor Memen Dalam Pembangunan Infrastruktur Upi

Sigap hadapi tantangan pembangunan infrastruktur

Tak dipungkiri, pembangunan fisik kampus menghadirkan tantangan yang harus dijawab oleh para pimpinan universitas, khususnya universitas yang termasuk ke dalam PTN BH.

Sebagaimana contoh, UPI sejak tahun 2020 sampai 2023 ini terus melakukan pembangunan sarana dan infrastruktur kampus melalui berbagai strategi, salah satunya melalui kerja sama untuk mendapatkan sejumlah hibah-hibah pembangunan fisik.

Sampai saat ini, UPI telah membangun sekitar 9 gedung baru baik yang sudah selesai maupun yang sedang terus dikerjakan.

Baca juga: Pakar UPI: Hati-hati, Guru Bisa Membuka Peluang Bullying Tanpa Sadar

Pembangunan ini tidak terlepas dari keberhasilan UPI mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah khususnya dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas), sebagaimana yang dikemukakan oleh Sekretaris Universitas, Prof Memen Kustiawan yang pada Oktober 2022 lalu melaporkannya kepada Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas, Amich Alhumami di Jakarta.

Dalam Kunjungannya, Prof Memen selain menyampaikan laporan perkembangan pembangunan infrastruktur di UPI, juga menyampaikan keberhasilan-keberhasilan dalam hal Kerjasama pembangunan UPI kepada pemerintah.

Secara khusus, ia menyampaikan dalam bentuk laporan verbal serta dokumentasi atas fakta-fakta yang telah diwujudkan oleh UPI selama dipercaya oleh pemerintah untuk membangun infrastruktur yang diberikan melalui sejumlah program hibah.

Sementara itu, Amich mengungkapkan keyakinannya bahwa UPI akan terus tumbuh menjadi universitas yang unggul dalam tata Kelola manajerial infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com