Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut MBKM, 6 Mahasiswa Itera Belajar Jadi Peneliti di BRIN

Kompas.com - 22/05/2023, 17:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Itera

KOMPAS.com - Salah satu program menarik yang harus diambil oleh mahasiswa ialah ikut kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Seperti yang dilakukan oleh 6 mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) Program Studi Teknologi Pangan ini ikut kegiatan riset di lembaga pusat penelitian.

Keenam mahasiswa itu menjadi peneliti selama enam bulan di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada awal tahun 2023.

Tentunya, kegiatan yang dilaksanakan pada berbagai Pusat Riset BRIN tersebut memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk melakukan penelitian, publikasi dan bimbingan rutin bersama peneliti BRIN secara langsung.

Baca juga: Lulusan Prodi Baru Itera Ini Banyak Dibutuhkan Nasional, Cek Peluang Kariernya

Kegiatan MBKM Riset ini akan dikonversikan kedalam 20 SKS pembelajaran diakhir semester. Mahasiswa juga berkesempatan untuk melanjutkan aktivitas riset MBKM menjadi topik penelitian skripsi.

Menurut Koordinator Kurikulum, MBKM dan Kerja Sama Prodi Teknologi Pangan Itera, Ilham Marvie, S.T.P., M.Si., kegiatan MBKM Riset menjadi kesempatan berharga bagi mahasiswa.

Tentunya untuk belajar menjadi peneliti profesional dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh BRIN.

Sementara Anggun Pangesti, mahasiswa Prodi Teknologi Pangan Itera yang mengikuti magang di BRIN Anak Tuha, Lampung Tengah mengaku banyak mendapatkan pengalaman selama mengikuti program magang MBKM Riset.

Ia bisa belajar mulai dari analisa sampai penggunaan alat instrumen dengan baik dan benar.

"Seperti penggunaan ekstruder untuk modifikasi yang biasanya hanya dipelajari teorinya saja saat perkuliahan namun di sini kami belajar secara langsung pengoperasiannya," ujar Anggun dikutip dari laman Itera, Senin (22/5/2023).

Tidak hanya itu saja, Anggun juga mengaku bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru dari para peneliti yang juga menjadi pembimbing mereka selama magang.

Adapun kegiatan MBKM Riset pada semester genap tahun akademik 2022-2023 berlangsung dari Februari hingga Agustus 2023.

Harapan dari kegiatan ini dapat meningkatkan minat mahasiswa dalam dunia akademisi dan riset terutama untuk persiapan pasca kuliah.

Baca juga: PPSDM Itera: Ini Tips Menjaga Kesehatan Mental bagi Mahasiswa

Selain itu, melalui magang riset ini mahasiswa dapat meneruskan kegiatannya menjadi tugas akhir skripsi di tempat MBKM saat ini dan berkolaborsi dengan peneliti BRIN.

Kegiatan MBKM ini juga menjadi aktualisasi dari kerja sama antara Itera dengan Direktorat Manajemen Talenta BRIN serta Pusat Riset Mikrobiologi Terapan BRIN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Sumber Itera


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com