Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Talkshow di Unair Bagikan Tips Berprestasi Saat Kuliah

Kompas.com - 23/05/2023, 14:09 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unair

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa tentu tugasnya bukan sekedar menjalankan kuliah saja, tetapi juga harus bisa berprestasi.

Karena itu, dibutuhkan tips atau cara mahasiswa bisa berprestasi saat kuliah. Salah satunya dengan ikut beragam perlombaan.

Hal itu coba dikupas pada Talkshow Mahasiswa Berprestasi Volume 1 gelaran Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB Unair), Jumat (19/5/2023).

Adapun talkshow itu menghadirkan narasumber berprestasi dari FEB, yakni Nafisah Shafa Ardia (Awardee Beasiswa Unggulan BI 2023), Tazkia Ibnatiar Rahma (Pemenang P2MV KMI Award), dan Astandi Dinoryan (The Most Achievement Awards FEB Unair 2022).

Baca juga: Inovasi Peneliti Unair Ini Bisa Atasi Penyakit Gigi dan Mulut

Menurut Tazkia, memiliki sebuah prestasi merupakan kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa di saat menempuh dunia perkuliahan.

Dalam hal ini banyak hal yang dapat mempengaruhi mahasiswa dalam meraih prestasi.

"Potensi tidak terlalu penting, yang penting adalah keinginan. Jika sesorang mempunyai keinginan yang besar, maka dia akan dapat memaksimalkan potensinya dalam meraih prestasi," ujar Tazkia dikutip dari laman Unair, Selasa (23/5/2023).

Ia menjelaskan, dalam meraih prestasi tentu tidak mudah. Sebab, terkadang akan menemui titik terendah yang akan membuat seseorang menyerah.

Tazkia menjelaskan bahwa dirinya pernah mengalami kekalahan terus menerus dalam mengikuti lomba. Tetapi ia terus mencoba dan mau untuk tetap berproses.

Baca juga: Kasus Peretasan BSI, Dosen Unair Jelaskan Ciri-ciri Ransomware

"Mengikuti lomba jangan hanya niat pengen menang, tapi niat jangka panjang seperti mendapat pengalaman, ilmu, dan relasi baru," jelas Tazkia

Selain itu, Nafisah juga membagikan pengalamannya ketika merasa takut dan tidak percaya diri.

Ia pernah mengalami kekalahan selama beberapa kali dan pernah memutuskan untuk tidak mengikuti lomba selama beberapa saat. Tetapi Nafisah kembali bangkit dengan mengingat tujuannya.

Tak hanya itu saja, ketiga mahasiswa berprestasi tersebut juga sepakat bahwa terdapat faktor internal dan eksternal.

Untuk faktor internal berasal dari dalam diri seperti apa keinginan dan apa tujuannya. Sedang faktor eksternal berasal dari orang terdekat, terutama keluarga kemudian teman dan orang terdekat lainnya.

Nafisah menambahkan bahwa kita juga perlu menjadi diri sendiri untuk dapat mewujudkan prestasi. Jangan merasa takut dan harus tahu kapasitas diri sendiri

Tugas mahasiswa adalah melakukan yang terbaik. Selebihnya adalah kehendak Tuhan. Jadi ia memberikan tips agar mahasiswa tidak takut gagal. Jika perasaan itu muncul maka akan ikut mempengaruhi diri.

Baca juga: 13 Prodi Unair Raih Akreditas Internasional dari FIBAA, Ini Daftarnya

"Kegagalan akan membuat kita memperbaiki diri. Perjuangkan tujuanmu dengan baik, jangan sampai lengah dengan apa saja yang mengganggu," tutur Astandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Unair


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com